Jawa Barat emang surganya jajanan. Hampir tiap bulannya pasti ada saja jajanan baru. Mulai dari yang berbahan dasar tepung terigu yang suka di pinggiran jalan, hingga makanan berkelas resto. Jajanannya yang bervarian hasil dari kreativitas dari bahan yang biasa ini disukai dari anak SD sampai nenek-nenek.

Selain dari rasanya yang enak, namanya pun suka membuat tergelitik saking uniknya. Ini semua membuat orang pada penasaran ingin coba jajanannya. IDN Times sudah ngumpulin nih, nama-nama jajanan yang mungkin udah tidak asing lagi di telingamu. Uniknya, semua namanya diawali dengan kata ‘Ci’.

1. Cilok.

lahiya.com

Cilok, makanan yang satu ini mungkin udah gak asing lagi di telinga kalian. soalnya saat ini cilok udah jadi makanan yang terkenal seantero negeri. Cilok ini merupakan asil kreasi dari para tukang baso ketika harga daging sebagai bahan dasar pembuatan baso mahal pada saat krisis moneter tahun 1997-an.

Cilok merupakan jajanan sederhana yang terbuat dari campuran tepung terigu dengan tepung tapioka. Isian cilok bisa dikreasikan sesuai keinginan si pembuat. Kebanyakan cilok diisi dengan potongan daging sapi, ayam, telur, abon bahkan bumbu pecel.

Banner 02

Harga cilok pun bisa dibilang sangat murah.Satu cilok biasanya dibanderol dengan harga 100 sampai 5.000 rupiah. Murah bangetkan?

2. Cimol.

canadianpointandfigure.blogspot.co.id

Cimol juga baru muncul sekitaran tahun 1998. Berbeda dengan cilok yang terbuat dari dua tepung, Cimol hanya terbuat dari tepung tapioka saja. Membuat Cimol sebenarnya cukup mudah, tinggal seduh adonan dengan air panas yang mendidih kemudian diuleni hingga kalis. Air panas inilah yang membuat adonan cimol tidak meledak ketika digoreng.

Kebanyakan Cimol tidak diberi isian seperti halnya Cilok. Cimol pun harganya lebih murah lagi ketimbang cilok. Cimol biasanya dihargai perbungkusnya sekitar 3.000 sampai 5.000 rupiah.

3. Cimplung.

cookpad.com

Kreasi makan ini udah ada dari zaman dahulu kala, dan makanan ini berbeda nama kalau di jawa dan di tempat lain. Ada juga yang bilang gemblong, ada juga yang bilang ketan goreng. Memang cimplung ini terbuat dari tepung ketan yang adonannya diuleni sampai kalis dengan air panas, kemudian dibentuk bundar-bundar dan diisi dengan kinca alias air gula yang dicairkan. Harga cimplung ini juga gak kalah murahnya hanya sekitar 500-an rupiah aja.

4. Cipuk.

youtube.com/Resep Masakan Nusantara

Krupuk yang biasanya teman makan, di tangan orang dulu menjadi jajanan yang cukup unik. Dari bahan sisa alias apkiran krupuk yang remuk cipuk ini dibuat. Biasanya krupuk yang remuk itu dibuang, nah dengan sedikit inovasi kerupuk itu direndam lalu diberi tepung terigu atau tepung tapioka, malah menjadi jajanan yang cukup digemari dipasaran. Harganya yang murah yang hanya sekitar 500-an rupiah, Cipuk makin diminati.

5. Cilor.

makananspesial.com

Cilor baru muncul belum lama ini. Cilor hadir dari inovasi para pedagang jajanan anak SD yang sering dibilang kalo makanan buatan mereka kurang sehat karena tidak bernutrisi. Berbahan dasar telor ayam, cilor menjadi jajanan yang diburu anak-anak. Malah sekarang bukan hanya anak-anak, pegawai, orang dewasa pun suka dengan cilor ini.

Harganya juga terjangkau, karena satu buah telur ayam bisa menjadi 5-10 buah cilor. Maka di luaran harganya bervariatif, mulai 500 sampai 1000 rupiah tergantung seberapa banyak telur yang digunakan.

6. Cipet.

cookpad.com

Jajanan yang satu ini pasti masih asing ditelinga kalian. Cipet ini hampir lebih mirip dengan batagor, makanan yang sudah pasti kalian kenal. Cipet ini kepanjangan dari “aci ka cepet” ato aci yang terjepit. Unik sih namanya, nama ini terlahir karena melihat bentuknya dimana adonan aci disimpan diantara tahu putih lalu digoreng. Jadi maksudnya adonan acinya kejepit oleh tahu.

7. Cireng.

resepunik.wordpress.com

Cireng sudah ada sejak dulu. Cireng yang dulunya hanya terbuat dari tepung tapiuoka yang diseduh air lalu digoreng. Sekarang sudah banyak sekali inovasinya. Mulai dari cireng cinta, cireng pedas, cireng sayur, cireng isi dan banyak lagi.

Selain varian cirengnya sendiri, inovasi dari sausnya pun beragam. Ada yang dari air gula ditambah cuka, ya mirip kuah pempek palembang, sampai berkuah pecel dan saus. Gak kalah dengan jajanan yang lainnya juga, cireng ini murah kok sekitaran 200 rupiah per 3 biji.

8. Cipeng.

cookpad.com

Jajanan ini merupakan inovasi dari para penjual cireng yang dagangannya kurang laku. Takut rugi karena tidak habis dalam sehari. Mereka membuat cireng kemudian di pipihkan lalu digoreng sampai kering. Ini membuat cipeng tahan lama beda dengan kakaknya si cireng. Biasanya suka ada cipeng yang sudah di bungkus dan dijual di pasar. Harganya pasti lebih murah dari cireng.

9. Cibay.

cookpad.com

Jajanan yang bernama cibay ini unik sekali. Cibay terbuat dari kulit lumpia yang diisi adonan tepung tapioka, lalu digoreng ini memiliki sensasi yang berbeda saat memakannya. Adonan aci atau tapioka yang keluar ketika digigit itu memanjang, kayak mozarela.

Karena bentuknya ini, makanya jajanan ini disebut cibay alias “ngagebay” atau melambai kenyal. Dijamin unik dengan harga irit, seribua aja bisa dapet dua biji.

10. Cimin.

cookpad.com

Jajanan yang terakhir ini juga masih baru dan lagi-lagi harganya kurang dari 1.000 rupiah, namnya cimin. Cimin itu dibuat dari tepung tapioka yang dibentuk kotak-kotak kecil mirip cimol lalu di goreng dengan telur dan dibentuk dalam wadah-wadah kecil kaya cetakan.

Namun ada juga pedagang yang membuat cimin itu langsung aja telur dicampur dengan tepung tapioka lalu di goreng dalam cetakan. Bener-bener bahan dasar yang sama namun dengan sedikt inovasi menjadikan jajanan ini beda bentuk dan berbeda nama. Salut deh sama para pedagannya!