Taman Wisata Mekarsari

Dewasa ini, perkembangan di berbagai aspek kehidupan meningkat dengan begitu cepat. Apalagi bagi Anda yang berada di area perkotaan, pasti akan merasakan perbedaannya dibandingkan dengan mereka yang berada di pedesaan. Namun ini bukan masalah dimana Anda berada saat ini, melainkan bagaimana cara Anda untuk menikmati liburan singkat yang mungkin tidak lebih lama dari yang dibayangkan. Sekarang ini sudah banyak agen-agen yang menawarkan berbagai macam paket wisata sesuai dengan kebutuhan kita. Namun kita juga bisa membuat perencanaan sendiri untuk mengisi waktu liburan yang biasanya tidak terlalu panjang.

Taman Wisata Mekarsari (TWM) yang berada di Jl. Raya Cileungsi – Jonggol Km. 3, Celungsi, Bogor mungkin bisa dijadikan salah satu pilihan liburan keluarga. Taman ini merupakan taman eksotis yang dijadikan sebagai salah satu pusat pelestarian beragam jenis tanaman, terutama untuk buah-buahan unggul dari berbagai daerah di Indonesia. Selain kegiatan pelestarian, juga dilakukan penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibitunggul yang kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat  umum.

Adapun koleksi tanaman maupun buah-buahan diantaranya ada tanaman hias (adenium, anggrek, coleus, heliconia, melati, etc), tanaman biofarmaka (ciplukan, kencur, lidahbuaya, kejibeling, mahkotadewa, semanggi, etc), tanaman pelindung (bambu, bintaro, saga, jatibelandaetc), tanaman sayur (kangkung, bayam, pariaetc), tanaman rempah (jahe, pala, kemiri, etc), tanaman industry (kakao, kopi, aren, etc), tanaman pangan (padi, jagung, sukun), buah langka (bisbul, gayam, duwet/jamblang, rukem, rambai, mundu, etc), buah produksi (belimbing, manggis,melon, salak, etc)dan buah introduksi (beach cherry, Barbados cherry,araza, abiu, etc).

Selain aneka macam tanaman dan buah-buahan, Tamam Wisata Mekarsari yang berada pada ketinggian 70 mdpl dengan luas 264 hektar ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas untuk para pengunjung. Mulai dari rumah pohon leo, cabin, family camp, arena bermain, wall climbing, flyng fox, rafting, water fun bike, canoeing, banana boat,giant bubble dan masih banyak lagi aneka permainan maupun kegiatan yang bisadilakukan. Dan bagi yang hobidenganduniatumbuhan, disanajugatersediapusatpenelitian yang memberikan edukasi tentang pemuliaan, pembibitan dan semua pengetahuan yang berhubungan dengan tanaman.

Untuk dapat memasuki area TWM, kita dikenakan tiket masuk sebesar 15ribu perorang, parkir kendaraan mulai dari 2ribu sampai 20ribu rupiah. Sedangkan untuk tiket hemat TWM mulai dari 35ribu sampai 98ribu/ orang pada hari-hari biasanya, kalau saat weekend mulai dari 40ribu sampai 100ribu/ orang sudah termasuk tiket masuk dan diskon 10% di tokobuah, garden center dan cinderamata. Tiket Hemat TWM ada 5 macam, yang pertama Tiket Belimbing (outbond&keretawisata), Tiket Durian (Greenland tour, outbond, keretawisata & banana boat), Tiket Manggis (banana boat, Greenland tour &keretawisata), Tiket Salak (banana boat, dragon boat & keretawisata) dan yang terakhir Tiket Matoa (pongo show, banan boat & keretawisata). Selain sebagai lokasi wisata, TWM juga bsa menjadi salah satu sarana edukasi bagi para pengunjungnya.

Harga Ticket

Rp. 15.000 / orang

Photo Gallery