Taman Wisata Lahor Karangkates

Taman Wisata Lahor Karangkates

Pada dasarnya, Bendungan Lahor berfungsi sebagai pengendalian banjir, irigasi, air baku dan juga PLTA. Bendungan ini tepat berada di perbatasan antara Blitar dan Malang, secara administrative Bendungan Lahor berada di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Malang. Karena lokasinya yang bersebelahan dengan Bendungan Karangkates, Bendungan Lahor juga sering disebut sebagai anak Bendungan Karangkates atau merupakan bagian dari Bendungan Karangkates.

Biasanya Bendungan ini dipadati oleh para pengunjung pada saat weekend maupun saat liburan telah tiba. Jadi tak perlu heran kalau saat weekend maupun liburan, tarif untuk memasuki Taman Wisata lebih mahal dari pada hari-hari biasa. Kalau hari-hari biasa, kita hanya dikenakan biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah dan saat weekend dengan tarif 7 ribu rupiah. Sedangkan untuk hari libur besar, seperti saat lebaran tiba, maka tarifnya menjadi 10 ribu rupiah dengan free soft drink untuk masing-masing pengunjung.

Kebanyakan para pengunjung menikmati suasana Bendungan Lahor bersama teman maupun keluarga sambil memancing maupun bercengkerama. Selain itu, banyak juga para pengendara yang melintasi jalur Malang Blitar maupun sebaliknya yang beristirahat sambil menikmati suasana bendungan. Bendungan ini juga memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, seperti beberapa gazebo yang cukup nyaman untuk melepas lelah, arena bermain anak, kebun binatang mini dan beberapa pedagang yang menjajakan dagangannya. Kalaupun kita ingin menyusuri bendungan/ danau, disana juga disediakan perahu motor yang untuk setiap penumpangnya dikenakan tarif sebesar 5ribu rupiah untuk setiap orang.

Khusus bagi pengunjung yang hobi memancing, bendungan ini cukup cocok untuk dijadikan tempat untuk menyalurkan hobi. Kalaupun para pengunjung tidak membawa peralatan memancing, tak perlu khawatir, karena disana juga ada penjual yang menyediakan peralatan untuk memancing. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin membeli ikan, disana juga terdapat beberapa penjual ikan segar yang harganya cukup terjangkau. Biasanya Taman Wisata Lahor mulai dibuka untuk para pengunjung setiap hari mulai jam 7 pagi sampai sore sekitar jam 5 sore. Kalau sedang beruntung, pada sore hari, kita bisa menikmati hiburan orkes yang diselenggarakan di area Taman Wisata Lahor Karangkates.

Harga Ticket

Hari Biasa (Rp. 5.000), Sabtu-Minggu (Rp. 7.000), Hari Raya (Rp. 10.000)

Photo Gallery