Taman Nusa Bali Mengajakmu Keliling Nusantara

Taman Nusa

Taman Nusa merupakan tempat wisata baru di pulau Bali yang berlokasi di jalan Taman Bali, Banjarangka, Br. Blahpane Kelod, Desa Sidan, Gianyar – Bali. Penasaran bukan apa sih yang menjadi keistimewaan di tempat wisata yang satu ini ?

Taman Nusa adalah taman wisata budaya yang memberikan pengetahuan menyeluruh tentang budaya dari berbagai etnis Indonesia dalam suasana alam pulau Bali. Bukan hanya pengunjung lokal melainkan pengunjung mancanegara banyak berkunjung untuk lebih memahami budaya Indonesia dengan cara yang menarik dan interaktif.

Arsitektur di Indonesia mempunyai ciri khas masing – masing, sehingga disini terdapat miniatur atau replika bangunan dan kebudayaan Indonesia. Ada sekitar 60 buah rumah adat (rumah tradisional) dari 33 provinsi yang ada. Dengan kawasan seluas 15 Hektar, pengunjung dapat menjelajah dan menikmati panorama perjalanan waktu Bangsa Indonesia mulai dari masa prasejarah dengan alamnya yang tua dan primitif, kemudian melintasi masa perunggu, menuju ke masa kerajaan dengan salah satu mahakaryanya yang berbentuk Candi Borobudur.

Setiap pengunjung juga berkesempatan untuk mengenal kembali kawasan kampung budaya Indonesia dimana pengunjung dapat merasakan suasana kehidupan kampung yang sederhana dan menyaksikan berbagai pertunjukan seni tradisional. Perjalanan berlanjut ke masa awal Indonesia, era kemerdekaan, masa kini dan akhirnya sampai di harapan Indonesia masa depan dimana terdapat perpustakaan dan dua museum yang menampilkan warisan budaya Indonesia seperti : wayang, batik, tenunan dan sulaman.

Bagi pengunjung yang hobi berfoto dan ingin mengetahui kebudayaan Indonesia, disini memang tempat yang pas banget. Nggak perlu keliling Indonesia bukan untuk mengetahui rumah tradisional dan mengenal seni budayanya? Disini selain bisa berfoto ria juga merupakan sarana edukasi untuk mengajak keluarga atau teman-teman untuk berlibur.

 

(Reni, Juli 2015)

Update: Desember 2017

Sumber foto : taman-nusa.com

Harga Ticket

Paket Budaya : Paket Budaya 1 (Dewasa : Rp 80.000, Anak-anak : Rp 65.000), Paket Budaya 2 (Dewasa : Rp 125.000, Anak-anak : Rp 85.000), Paket Budaya 3 (Dewasa : Rp 95.000, Anak-anak : Rp 80.000) Paket Jawa : Paket Jawa 1 (Dewasa : Rp 115.000, Anak-anak : Rp 105.000), Paket Jawa 2 (Dewasa : Rp 165.000, Anak-anak : Rp 125.000), Paket Jawa 3 (Dewasa : Rp 135.000, Anak-anak : Rp 125.000)