Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur dengan area seluas kurang lebih 250 kilometer persegi. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia.
Siti Hartinah Soeharto yang akrab dipanggil Ibu Tien Soeharto merupakan pemilik gagasan membangun kawasan wisata Taman Mini “Indonesia Indah”. Bentuk dan sifat isian proyek berupa rumah-rumah adat daerah yang dilengkapi dengan pergelaran kesenian, kekayaan flora-fauna, dan unsur budaya lain dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Gagasan itu dilandasi, antara lain, semangat untuk membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa serta untuk memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia. Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Indah”, yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita. TMII mulai dibangun tahun 1972 dan pada tanggal 20 April 1975 diresmikan pembukaannya oleh Presiden Soeharto.

Logo dan Maskot
TMII memiliki logo yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, Singkatan dari “Taman Mini Indonesia Indah”. Sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini “Indonesia Indah” ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.

Anjungan daerah
Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatar belakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 provinsi Indonesia.

Sarana rekreasi
Banyak sarana rekreasi yang dapat anda dan keluarga kunjungi di Taman Mini Indonesia Indah, diantaranya : Istana Anak-anak Indonesia, Kereta gantung, Sepeda Wisata, Pusat Peragaan IPTEK, Sasana Kriya, Pasar Buku Langka, Perahu Angsa Arsipel Indonesia, Desa Wisata, Kolam renang Snow Bay.

Taman
Di TMII terdapat sepuluh macam taman yang menunjukkan keindahan flora dan fauna Indonesia, yaitu : Spherical cage Bird Park,  Taman Anggrek, Taman Apotek Hidup, Taman Kaktus, Taman Melati,  Taman Bunga, Akuarium Ikan Air Tawar, Taman Bekisar, Taman Burung, Taman Ria Atmaja Park, Taman Budaya Tionghoa Indonesia

Museum
Museum yang ada diperuntukkan untuk memamerkan sejarah, budaya, flora dan fauna, serta teknologi di Indonesia. Terdapat 14 museum di TMII, diantaranya : Museum Indonesia, Museum Purna Bakti Pertiwi, Museum Perangko, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Satwa Indonesia, Museum Serangga, Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Museum Minyak dan Gas Bumi.

Teater atau bioskop
Teater yang paling terkenal di TMII adalah Teater IMAX Keong Mas. Di Teater IMAX Keong Mas diputar berbagai film mulai dari film bertemakan lingkungan dan nusantara sampai film-film box office yang resolusinya diubah menjadi khusus untuk teater IMAX. Selain itu terdapat juga Teater Tanah Airku dan Teater 4D.

Sarana Transportasi dalam TMII
Untuk berkeliling di kawasan TMII yang luasnya mencakup hingga kurang lebih 165 ha, Anda bisa menggunakan berbagai bentuk sarana transportasi mulai dari sepeda, mobil, bus, kereta mini, kereta gantung dan aeromovel. Tarif charter mobil kecil keliling per jam Rp60.000,00, charter mobil besar atau bus per jam Rp. 250.000,-.

Gunakan juga teknologi penggunaan angin untuk mendorong kendaraan mono rail  SHS-23 Aeromovel Indonesia atau Titihan Samirono. Dengan titihan ini Anda akan dibawa melihat Taman Mini “Indonesia Indah” dari suatu ketinggian sehingga memberikan pesona yang mengagumkan. Harga Tiket : Rp. 10.000,- (Operasi hari Sabtu & Minggu).

Kereta Gantung (Sky Lift) dapat pula digunakan sebagai sarana transportasi yang tepat karena dari tempat yang cukup tinggi maka seluruh area TMII dapat dilihat secara jelas dan cepat. Harga Tiket: Selasa-Jumat Rp. 20.000,00, dan  Hari Sabtu dan Minggu Rp. 25.000,00.

Kereta Api Mini di sini ada dua macam yaitu yang lebih mini dengan jarak tempuh  terbatas di Istana Anak-Anak Indonesia. Kemudian kereta Api Mini yang lain mengelilingi TMII secara menyeluruh. Harga tiket sekitar Rp10.000,00.

Akses menuju TMII
Taman Mini sekitar 25 kilometer dari Jakarta Pusat atau sekitar lima kilometer dari Bandara Halim Perdana Kusuma dicapai melalui jalan tol Jakarta. Dapat dicapai dengan transportasi umum,  taksi atau sewa mobil agar perjalanan lebih nyaman.

Harga Ticket

Anak-anak : Rp. 9.000/orang (diatas 3 thn); Dewasa : Rp. 9.000/orang; Sepeda : Rp. 1.000; Motor : Rp. 6.000; Mobil : Rp. 10.000; Bus/Truk : Rp.15.000

Photo Gallery