Taman Air Tirta Gangga

Tirta Gangga

Masih berada di wilayah Bali Bagian timur, perjalan tim wisatakuliner.com dilanjutkan ke Taman Air Tirta Gangga. Sesuai dengan namanya, Taman Air Tirta Gangga Merupakan sebuah taman yang komposisinya meliputi beberapa jenis kolam dengan berbagai ukuran, patung-patung dan juga tanaman-tanaman yang menghiasi area taman. Semua komposisi tersebut ditata dengan rapi, sehingga mampu menarik banyak wisatawan lokal maupun non-lokal pada masa sekarang ini. Lokasinya berada di Desa Ababi, ±83 km dari kota Denpasar atau ±6 km Utara Amlapura, Ibu Kota Karangasem.

Menurut informasi yang tim wisatakuliner.com terima ketika singgah ke Taman Air Tirta Gangga, taman ini merupakan salah satu taman peninggalan Kerajaan Karangasem. Dan masih menjadi satu kesatuan dengan Taman Soekasada Ujung Karangasem. Taman ini mulai dikerjakan pada tanggal 2 Januari 1948 oleh S.P.T Ida anak Agoeng Angeloerah Karangasem dengan perpaduan gaya arsitek Bali, Eropa dan Cina. Tujuan dari dibangunnya Taman Air Tirta Gangga yaitu untuk menyenangkan semua golongan bangsa yang datang mengunjunginya.

Lokasinya berada diantara sawah dan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang indah, membuat Taman Air Tirta Gangga berhawa sejuk meskipun pada siang hari. Biasanya taman ini dibuka setiap hari untuk para pengunjung mulai pagi sampai malam, namun bila malam mulai menjelang, biasanya petugas loketnya sudah pergi. Untuk dapat memasuki area Taman Tirta Gangga, kita harus membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 10 ribu rupiah untuk non-lokal. Selain itu juga ada beberapa peraturan bagi para pengunjung yang bisa dilihat ketika di loket.

Taman Air Tirta Gangga terbagi menjadi tiga bagian utama. Pada bagian pertama, bisa ditemukan sebuah kolam di sebelah kanan dari pintu masuk. Kolam ini selalu menarik perhatian para wisatawan yang baru memasuki area taman. Kolam itu dikenal dengan Kolam Mahabarata, karena di tengah kolam ada sebuah air mancur yang dikelilingi oleh beberapa patung tokoh dalam kisah Mahabarata. Di dalam kolam juga ada batu-batu loncatan yang disusun dengan rapi, sehingga para pengunjung bisa berkeliling di tengah kolam. Selain itu, di dalam kolam juga terdapat beberapa ekor ikan mas dengan ukuran yang cukup besar.

Sedangkan di sebelah selatan Kolam Mahabarata ada dua buah Kolam Teratati yang di tengah-tengah ada sebuah pulau yang disebut dengan nama “Demon Island”. Tepat di sebelah barat Kolam Mahabarata ada sebuah Air Mancur Nawa Sanga yang ukurannya lebih tinggi dari air mancur yang ada di Kolam Mahabarata. Pada bagian kedua, bisa ditemukan kolam renang yang bisa digunakan para wisatawan yang ingin berenang. Sedangkan di bagian terakhir, bisa ditemukan Amphiteather dan Auditorium yang dahulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan raja.

Selain itu, juga ada Kolam Victoria yang ditumbuhi teratai Victoria, Kolam Versailles dan sebuah kolam lagi yang berjajar di bagian paling Utara. Sedangkan di bagian paling ujung, ada tempat untuk bermeditasi. Dan disebelah ruang meditasi ada lagi sebuah kolam yang disebut dengan nama Kolam Saraswati. Selain toilet dan ruang ganti, di dalam area taman juga ada sebuah resto yang terletak di bagian Utara setelah kolam Victoria dan kolam Versailles.

Harga Ticket

Lokal (Rp. 5.000) & wisatawan asing (Rp. 10.000)

Photo Gallery