Dipikat Pesona Situ Patenggang, Ciwidey, Bandung

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang berada di kawasan objek wisata alam Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut dan menempati areal seluas 150 Ha, danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan eksotik. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan cagar alam atau taman nasional, namun pada tahun 1981 telah resmi berubah menjadi sebuah taman wisata.

Berdasarkan informasi yang tertera di lokasi wisata, situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cinta ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya. Karena cintanya yang begitu dalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan “Batu Cinta”. Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka). Menurut cerita ini, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka.

Di dalam danau Situ Patenggang terdapat berbagai jenis ikan, antara lain : ikan mujair, ikan nila, ikan mas, ikan nilem, ikan lele, ikan paray dan ikan beunteur. Sedangkan di sekitar danau hidup berbagai burung berparuh panjang, yang oleh masyarakat setempat dinamai burung blekek, tikukur, dan kaca mata. Di sekitar danau pula terdapat hutan lindung yang ditumbuhi rumput dan pepohonan khas Jawa Barat sejenis puspa (Scima waliechi), saninten (Castanopsisargentia), dan pasa (Cuercus sp). Konon disana masih terdapat binatang surili (Presbytis comata) yang kini komunitasnya diambang kepunahan.
Untuk menikmati objek wisata Danau Situ Patenggang terdapat fasilitas perahu, seperti penyewaan perahu dayung, perahu boat dan sepeda air dengan harga yang masih bisa dinegosiasikan dengan pemiliknya. Perahu yang tersedia disini cukup banyak jumlahnya, dan dalam kondisi yang bagus atau terawat. Perahu ini dapat disewa untuk mengelilingi sebuah pulau kecil yang berada dibagian tengah danau yang bernama Pulau Sasuka yang tampak rindang dengan banyaknya pohon-pohon tinggi yang tumbuh didalamnya. Sementara diseberang danau terdapat lokasi yang cukup menarik yang diberi nama Batu Cinta yang konon dipercayai akan memberi kelanggengan cinta bagi yang datang berkunjung ke lokasi.
Disepanjang jalan menuju Situ Patenggang terpampang hamparan hutan dan hijau kebun teh laksana karpet alam. Di daerah ini banyak sekali kebun strawberry yang dari yang dikelola secara tradisional sampai dengan kebun yang dikelola secara profesional. Umumnya perkebunan strawbery tersebut menyediakan fasilitas bagi pengunjung untuk memetik sendiri buah strawberry dari pohonnya.

Harga Ticket

Rp.4.500/orang , Mobil : 10/Mobil

Photo Gallery