Pura Taman Ayun, Warisan Kerajaan Mengwi

Perjalanan wisata kali ini menuju ke sebuah bangunan pura yang memiliki pemandangan yang indah dengan kolam yang mengelilingi bangunan puranya. Seperti yang sudah kalian ketahui sebelumnya, pura dikenal sebagai tempat bersembahyang bagi umat Hindu di Bali. Dan pura yang satu ini merupakan tempat bersembahyang sekaligus taman rekreasi bagi keluarga kerajaan Mengwi pada waktu itu. Namanya adalah pura Taman Ayun, yang bermakna taman yang cantik. Bangunan pura di atas lahan seluas 4 hektar are dari kejauhan ini terlihat seperti berada di atas permukaan air.

Untuk mencapai lokasinya, kalian hanya perlu menempuh perjalanan selama 1 jam 25 menit dari arah Bandara Ngurah Rai, Tuban lalu menuju ke arah Mengwi. Setelah melewati pura tirta mumbul dan museum yadnya kemudian ke arah kiri kalian akan menemukan pura yang satu ini.

Kompleks bangunan pura Taman Ayun ini terdiri dari 4 halaman yang berbeda. Masuk ke halaman pertama kalian akan bertemu tugu kecil untuk menjaga pintu masuk yang di sebelah kanannya terdapat bangunan yang luas (wantilan).

Menuju ke halaman berikutnya, kalian akan melihat kompleks pura kecil yang kemudian dikenal dengan nama Pura Luhuring Purnama. Setelah masuk ke halaman berikutnya kalian akan menemukan aling-aling bale Pengubengan yang dihiasi dengan relief Dewata Nawa Sanga (9 dewa penjaga arah mata angin).

Kemudian yang paling terakhir adalah areal yang letaknya lebih tinggi dari halaman-halaman sebelumnya dan menjadi tempat yang paling disucikan. Lokasi ini merupakan tempat berlangsungnya suatu upacara keagamaan. Pada halaman ini terdapat bangunan meru yang menjulang tinggi dengan berbagai macam ukuran dan bentuk.

(Novita, September 2017)

Harga Ticket

Rp. 30.000

Photo Gallery