Pulau Umang

Pada masa sekarang ini, sudah banyak tempat-tempat wisata yang dikelola dengan baik. Segala fasilitas yang menunjang kenyamanan para wisatawan pun juga semakin disempurnakan. Perpaduan antara fasilitas serta keadaan alam, semakin membuat para wisatawan betah dan nyaman untuk menikmati waktu liburan yang ada. Pulau Umang bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi liburan bersama keluarga, pasangan, sahabat maupun kolega.

Terletak di Sebelah Selatan Ujung Kulon, lebih tepatnya masih masuk dalam wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kalau dari Ibu Kota, bisa dicapai dengan waktu tempuh ±5 jam. Kalau menggunakan bus, bisa mengambil bus jurusan Kalideres-Labuan, kemudian dilanjutkan dengan bus jurusan Labuan-Sumur. Dan setelah itu, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu motor untuk menuju Pulau Umang. Kalau tidak ingin kerepotan harus ganti-ganti bus, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau mini bus yang disediakan oleh pihak pengelola Pulau Umang.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, dari kejauhan sudah terlihat beberapa resort atau villa yang berdiri kokoh menyerupai rumah keong. Jernihnya air laut, pasir putih yang membentang dan hijaunya pepohonan disekitar resort, semakin melengkapi keindahan Pulau Umang. Setelah turun dari perahu motor, udara yang bersih dan menyegarkan akan menyambut setiap wisatawan yang singgah di pulau ini.

Pulau yang hanya memiliki luas sekitar ±5 hektar ini, memiliki beberapa resort atau villa dengan fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman. Sedangkan untuk fasilitas yang tersedia di Pulau Umang, ada beberapa olah raga air yang dapat dinikmati, seperti jet sky, banana boat, snorkeling, selancar dan juga menikmati keindahan Pulau Umang dengan berkeliling menggunakan perahu motor maupun jalan kaki. Selain itu, juga tersedia kolam renang yang berada tepat dipinggir laut, sehingga para wisatawan bisa berenang di air tawar sambil menikmati keindahan laut. Setelah puas beraktifitas di Pulau Umang, para wisatawan bisa memanjakan diri dengan Jacuzzi maupun spa ditemani dengan suara deburan ombak.

Pulau Umang juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset maupun sunrise, baik dari gazebo setiap resort maupun dari tepi pantai. Bila malam mulai menjelang, suasana romantic bisa kita dapatkan. Tak heran, bila banyak dijumpai para pengunjung yang berpasangan, karena Pulau Umang juga sering dijadikan sebagai tempat honeymoon oleh beberapa pasangan. Selain itu, tempat ini juga  sering digunakan sebagai lokasi pengambilan foto pre-wedding, mengingat keindahan alamnya yang cukup mendukung.

Bagi wisatawan yang memiliki cukup banyak waktu, bisa juga singgah ke Pulau Oar yang letaknya tidak terlalu jauh. Namun pulau ini belum terlalu dikelola, sehingga keadaannya masih sangat alami dan masih terdapat kerang-kerangan yang cukup banyak. Pulau Oar bisa dijangkau dengan menggunakan perahu motor sekitar ±15 menit dari Pulau Umang. Sedangkan untuk oleh-oleh, sudah ada beberapa toko yang menyediakan beberapa jenis souvenir untuk dibawa pulang, seperti kaos atau topi yang berlogo Pulau Umang dan beberapa jenis hiasan yang terbuat dari kerang. Untuk harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, sehingga tidak menguras kantong terlalu dalam.

Photo Gallery