Pemandian Air Panas Banjar – Singaraja

Kolam air Panas Banjar

Masih dalam rangka menyusuri tempat-tempat wisata yang ada di Pulau Bali bagian Utara, setelah singgah ke beberapa tempat wisata dan menempuh perjalanan yang cukup panjang. Akhirnya kami dari tim wisatakuliner.com sampai pada tujuan wisata berikutnya. Sebuah pemadian air panas yang sudah cukup dikenal baik para wisatawan lokal maupun non-lokal. Pemandian ini dikenal dengan nama Pemandian Air Panas Banjar,  terletak di Desa Banjar, Buleleng. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Lovina, hanya sekitar ±5 km ke arah barat, sedangkan dari Kota Singaraja berjarak ±25 km.

Setelah melakukan perjalanan wisata yang melelahkan, akhirnya dapat terobati ketika sampai di Pemandian Air Panas Banjar. Setelah mobil diparkir, kami pun bergegas masuk ke dalam area pemandian dengan membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah untuk setiap orang. Sedangkan untuk anak-anak dengan tarif 3 ribu rupiah. Beruntung waktu kami datang masih agak sore sehingga pemandiannya belum ditutup, karena pemandian air panas Banjar ini hanya buka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore setiap hari.

Setelah membayar tiket masuk, kami harus berjalan beberapa meter untuk sampai di kolam pemandian. Disepanjang jalan menuju pemandian, terdapat beberapa penjual souvenir khas Bali yang berjejer sambil menawarkan barang dagangannya. Setelah sampai pada pintu masuk pemandian, ada seorang petugas yang akan memeriksa tiket masuk yang sebelumya sudah diberikan oleh panjaga yang di depan area parkir. Jadi sebelum memasuki pintu gerbang di pemandian jangan sampai tiketnya hilang, kalau sampai hilang, maka kita akan diminta untuk membeli tiket lagi di pintu masuk yang ke dua ini.

Begitu masuk, di dalam sudah terlihat banyak wisatawan lokal maupun non-lokal yang asyik dengan kegiatan mereka masing-masing. Ada yang berenang kesana-kemari, anak-anak kecil yang bermain dan naik-turun sambil melompat ke dalam kolam, ada yang hanya duduk santai di tepi kolam, ada yang berendam tepat di bawah pancuran dan ada pula yang menikmati suasana kolam dari sebuah resto yang ada di sebelah kolam. Pemandian Air Panas Banjar ini terdiri dari tiga kolam dengan yang satu kolam agak terpisah dengan yang lainnya.

Untuk kolam yang pertama, ukurannya cukup kecil dengan aliran air panas yang keluar dari pancuran mulut naga yang berjumlah 8 buah. Kolam ini memilki lebar sekitar ±1,5 m dan kedalamannya mencapai 1 meter. Dan kolam yang kedua ukurannya jauh lebih luas dengan pancuran naga berjumlah 5 buah, sedangkan kedalaman kolamnya bertingkat. Yang dibawah pancuran sedalam 1 m, yang lebih jauh dari pancuran 1,5 m, dan sisi yang paling jauh dari pancuran sedalam 2 m. Sedangkan untuk kolam yang ketiga, letaknya ada diseberang kolam pertama dan kedua. Ukurannya sedang dengan tiga buah pancuran yang tingginya mencapai ±3,5 m.

Untuk setiap pancuran selalu dihuni oleh para pangunjung, mereka secara bergantian untuk bisa berada tepat dibawah pancuran. Apalagi untuk pancuran yang ada di kolam tiga, para pengunjung rela mengantri untuk bisa menikmati guyuran air panas dari dalam pancuran yang paling tinggi diantara pancuran yang ada. Ketika tubuh berdiri di bawah pancuran kolam ketiga, rasanya tubuh seperti dipijit-pijit, semua rasa lelah seakan terobati setelah berada di bawah pancuran. Biasanya para pengunjung yang sudah bisa berada di bawah pancuran, mereka akan menikmati aliran air panas dengan berlama-lama sampai merasa puas.

Sama seperti pemandian air panas pada umumnya, Pemandian Air Panas Banjar ini juga dipercaya masyarakat bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Setelah puas berendam air panas di dalam kolam, tubuh menjadi terasa lebih ringan dan siap untuk melakukan kegiatan selanjutnya. Sehabis berendam, biasanya para pengunjung ada yang duduk santai di tepi kolam, menikmati sajian resto yang ada di samping kolam atau menikmati spa and massage yang ada di sebelah kamar ganti.

Harga Ticket

Dewasa (Rp. 5.000) & Anak-Anak (Rp. 3.000)

Photo Gallery