Pasar Ikan Kedongan

Pasar Ikan Kedongan

Pasar Ikan Kedonganan merupakan salah satu pasar ikan yang cukup besar dan terkenal, dimana pasar ini selalu ramai oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Lokasi pasar ikan kedonganan berada di daerah jimbaran tidak jauh dari airport Ngurah Rai, kira-kira 10 menit. Di pasar ikan ini terdapat banyak penjual yang menjual berbagai macam hasil laut yang didapat dari para nelayan, seperti ikan, kerang, udang, cumi-cumi, gurita, kepiting, dan lobster. Kebanyakan para penjual yang berjualan disini bukan penduduk asli Bali, melainkan orang-orang dari Jawa yang sudah lama menetap di sekitaran pantai Kedonganan-Jimbaran.

Memasuki area pasar, Anda akan disambut dengan teriakan para penjual yang menawarkan hasil laut dagangan mereka. Bau amis dan pemandangan sampah disana sini tidak menyurutkan niat para penggunjung untuk berburu ikan segar dengan harga murah. Butuh ketrampilan ekstra dalam hal merayu dan tawar menawar untuk mendapatkan harga yang lebih miring lagi. Selain itu harus pintar-pintar juga memilih ikan, karena tidak hanya ikan segar saja yang disajikan tetapi juga ikan yang kualitasnya sudah kurang bagus. Menurut nasehat salah seorang penjual ikan yang tim wisatakuliner.com temui, ikan yang sudah tidak segar biasanya diikat dengan karet pada bagian mulutnya tapi untuk ikan jenis krapu biasanya memang diikat di bagian mulutnya. Selain itu perhatikan juga warna mata dan warna insangnya.

Ikan yang cukup terkenal di pasar ini adalah ikan jungki, karena dagingnya terasa lebih keset saat dibakar. Ada juga yang menjual ikan hias jenis kakatua yang berwarna hijau kebiruan untuk diolah sebagai masakan tentunya, rasanya tak kalah dengan jenis ikan-ikan yang biasa dikonsumsi. Untuk kerang yang enak dibakar adalah kerang manis, biasanya restoran-restoran seafood di Jimbaran menggunakan kerang jenis ini. Harga yang ditawarkan disini sebenarnya tergantung musim, jika tidak sedang musim maka otomatis harganya akan lebih mahal. Selain itu pada saat malam tahun baru harga ikan bisa naik hingga dua kali lipat dibanding hari biasa. Rata-rata harga ikan sekitar Rp. 30.000 per kg, kerang sekitar Rp. 10.000 per kg, cumi-cumi sekitar Rp. 30.000 per kg, dan udang antara Rp. 45.000 hingga Rp. 95.000 tergantung besar kecilnya ukuran.

Setelah puas memborong berbagai macam ikan dan hasil laut lainnya, Anda tinggal memilih dengan cara apa ikan akan diolah menjadi masakan yang lezat. Anda tidak perlu repot-repot membongkar peralatan dapur dan mengeluarkan keahlian memasak serta menghapal berbagai macam resep, karena di sekitar pasar ikan kedonganan banyak terdapat warung yang memberikan jasa pengolahan ikan dan hasil laut lainnya. Ada beberapa warung pengolahan ikan yang cukup ramai di sekitar pasar ikan, Anda tinggal memilih warung yang terlihat ramai dan duduk manis menunggu masakan siap dihidangkan.

Cara mengolah ikan yang paling terkenal disini adalah dengan cara dibakar, untuk udang, cumi, dan kerang bisa dimasak asam manis, saus tiram, goreng tepung atau bisa dibakar juga. Masakan yang telah matang akan disajikan bersama nasi putih hangat, plecing kangkung , dan tidak ketinggalan sambal matah khas Bali. Biaya jasa pengolahan masakan biasa diperhitungkan per kilogram, untuk bakar sekitar Rp. 13.000/kg, rebus sekitar Rp. 20.000/kg, untuk masak asam manis, saus tiram dan goreng tepung sekitar Rp. 30.000/kg.

Masalah rasa, masakan yang diolah di warung-warung yang menawarkan jasa pengolahan masakan tidak kalah dibandingkan dengan yang disajikan di restoran-restoran di Jimbaran. Dengan harga yang jauh lebih murah pastinya. Kenyang di perut, senang di hati, dan ringan di kantong.

Harga Ticket

menu utama

Photo Gallery