Pantai Suluban (Blue Point)

Blue Point

Menikmati keindahan sunset di tepi pantai memang tak akan ada bosannya, apalagi disertai dengan pasir putih, tebing-tebing yang menjulang tinggi serta deburan ombaknya. Pantai Suluban terletak di antara Pantai Padang-Padang dan Pura Ulu Watu. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Blue Point karena di dekat pantai ini terdapat sebuah hotel Blue Point yang cukup terkenal, hotel ini juga pernah digunakan untuk shooting iklan sebuah brand minuman yang dibintangi oleh Miss Universe. Untuk sampai ke pantai ini, terlebih dulu membayar Rp. 3.000 untuk kendaraan bermotor sebelum memasuki area parkir. Sedangkan untuk menuju pantainya, kita harus menuruni beberapa anak tangga yang berada diantara kios maupun café. Dan setelah sampai di bawah, kita harus melewati lorong-lorong seperti gua.

Setelah sampai di pantai, keindahan yang disuguhkan cukup untuk membayar perjuangan menuruni anak tangga yang bertingkat-tingkat. Pantainya belum terlalu ramai, sehingga kita lebih leluasa untuk menikmati keindahan pantai ini. Tak jarang keindahan pantai ini dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto pre-wedding. Di Pantai ini juga bisa menemukan jasa tukang pijat yang berada disekitar pantai. Tingginya batu karang yang mengelilingi pantai dan cekungan-cekungan yang menjorok ke dalam, membuat pantai ini semakin memikat dilihat dari sudut mana pun. Apalagi jika air laut sedang surut, Anda bisa menemukan sebuah cekungan seperti kolam renang, dimana banyak anak-anak setempat suka berenang disini.

Tak jauh beda dari pantai-pantai lain yang berada di Pulau Bali, ombak di panta ini juga cukup menantang bagi para peselancar. Namun untuk mendapatkan ombak yang cukup bagus, para peselancar harus berenang dengan papan selancarnya menuju ke tengah. Mereka juga harus berjuang melawan ombak yang tidak beraturan di tepi pantai, tentunya untuk mendapatkan ombak yang cukup tinggi. Bahkan terkadang, mereka harus berselancar dibarengi dengan ubur-ubur yang berkeliaran di antara deburan ombak. Yang tentunya, ubur-ubur tersebut akan mengeluarkan sengatannya bila tersentuh.

Kalau hanya sekedar menikmati keindahan panorama Blue Point, ada banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan, mulai yang hanya menyediakan softdrink, café atau bar yang berada di atas tebing. Pantai ini juga bisa disebut sebagai kampung bule, hampir disetiap ujung pantai maupun café diisi oleh orang-orang bule. Kalau pun ingin menginap, di wilayah sekitar pantai juga terdapat beberapa hotel, villa dan juga penginapan dengan harga yang bervariasi.

(Lila, Agustus 2011)
Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Tiket Masuk    : free (hanya membayar parkir kendaraan)

Harga Ticket

menu utama

Photo Gallery