Pantai Songan

Songan

Menjelajahi keindahan pantai di Pulau Bali memang tidak ada bosannya, apalagi kalau bisa menemukan keindahan tempat baru. Seperti Pantai Songan yang tim wisatakuliner.com singgahi sebelum menuju Pantai Amed. Berangkat dari rasa penasaran kami, setelah melewati jembatan kayu di kawasan Seraya Timur, kendaraan pun diarahkan ke kanan menuju Pantai Songan. Kalau dari jembatan kayu ke arah kiri, menuju Pantai Amed. Ternyata keadaan jalan yang harus kami lewati sedikit rusak dan agak sempit, butuh perjuangan untuk sampai ke Pantai Songan. Selain itu, jalannya naik turun dan berkelok-kelok, namun pemandangan alam yang tersaji cukup untuk membuat mata tidak berkedip.

Setelah sampai di bawah (Desa Seraya Timur), tidak ada area parkir khusus kendaran, jadi kendaraan hanya parkir di tepi jalan. Kemudian kami langsung menuju pantai, keadaan pantai begitu sunyi dan tenang dengan ombak yang cukup besar dan angin yang mengobati rasa lelah sepanjang perjalanan. Pantainya berada di bawah tebing-tebing, sehingga kita harus menuruni beberapa anak tangga terlebih dahulu. Pasirnya hitam agak kecoklatan dan masih bersih, di tepi pantai berjajar rapi puluhan perahu nelayan yang ukurannya cukup kecil.

Kebanyakan mata pencaharian penduduk Seraya Timur memang sebagai nelayan, karena kondisi tanahnya cukup gersang. Di kawasan Pantai Songan belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, bahkan untuk akses menuju kesana saja jalannya masih banyak yang rusak. Kalau ke Pantai Songan menggunakan mobil, diharapkan agar lebih hati-hati. Selain keadaan jalannya yang masih memprihatinkan, hanya untuk putar balik saja cukup kesulitan. Di wilayah Seraya Timur juga masih kesulitan untuk mendapatkan air, ada cukup banyak selang dengan ukuran kecil yang tertata berserakan di sepanjang jalan menuju Pantai Songan.

Photo Gallery