Pantai Sanur

Pantai Sanur

Pantai sanur adalah salah satu obyek wisata pantai di Bali yang terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya. Pantai Sanur terletak persis di sebelah timur kota Denpasar, di kabupaten Badung. Pantai ini memiliki panjang 3 kilometer dengan garis pantai menghadap ke timur. Pantai Sanur terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih bersih dan lembut. Disamping itu, pantai Sanur merupakan pantai yang berbatu karang sehingga memiliki kelebihan tersendiri.  Ombak di pantai ini sudah termasyur diantara para peselancar dari seluruh penjuru dunia. Dalam sejarah Bali Kuno di Blanjong Bagian Selatan pantai Sanur masih ada tugu batu tertulis yang merupakan Prasasti Raja Kasari Warmadewa yang berkeraton di Singhadwala tahun 917.

Ketika matahari mulai naik, kegiatan di pantai ini mulai menggeliat, para wisatawan mulai berdatangan menikmati sinar matahari yang terik, dengan kondisi ombak yang tenang, pantai ini sangat cocok digunakan untuk berselancar, snorkeling, diving, kano, parasailling atau banana boat. Bahkan, bisa mencoba olahraga lain yang lebih menantang yaitu wind surfing. Jika Anda ingin menikmati wisata unik lainnya, menyeberanglah ke pulau Nusa Lembongan dan Nusa Penida yang dapat terlihat dari pantai Sanur. Banyak nelayan yang menyewakan perahu motor menuju Nusa Lembongan.

Kepopuleran pantai Sanur tidak terlepas dari karya pelukis Belgia bernama A.J.Le Mayeur bersama istrinya Ni Polok yang menetap di sana sejak tahun 1937. Daya tarik pantai Sanur adalah bagian Utaranya melingkar seperti setengah lingkaran dan bagian Selatannya berbelok dari Timur ke Barat, dimana gelombang air lautnya tak begitu besar dan bila airnya surut terlihatlah batu karang yang membentang berwarna-warni. Pada hari mendekati bulan mati air lautnya naik dan gelombangnya agak besar. Di sebelah Tenggara terlihatlah gugusan pulau Nusa Penida di seberang laut dan di sebelah Timur kelihatan panorama pantai Selatan Pulau Bali dengan gunungnya.

Pemandangan pantai Sanur juga terlihat indah pada sore hari, karena keadaan air laut biasanya surut dan gelombangnya merupakan riak kecil. Gugusan pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok ke laut di seberang laut terlihat dari Pantai Sanur sebelah Selatan.

Pantai ini lebih dahulu dikenal dibandingkan kuta. Keindahan, ketenangan dan panorama matahari terbit menjadi primadona para wisatawan yang mendambakan ketenangan. Umumnya wisatawan yang datang ke pantai ini untuk mencari alternatif pantai lain setelah kuta yang dipenuhi hiruk-pikuk para wisatawan mancanegara dan domestik.

Sepanjang tempat wisata pantai Bali ini sekarang sudah dilengkapi dengan penunjang wisata berupa hotel, restoran ataupun kafe-kafe kecil serta art shop. Salah satu hotel tertua di Bali dibangun di pantai ini. Hotel ini bernama Ina Grand Bali Beach yang terletak persis di tepi pantai. Selain itu, sepanjang garis pantai juga dibangun semacam area pejalan kaki yang seringkali digunakan sebagai jalur jogging oleh wisatawan ataupun masyarakat lokal. Jalur ini terbentang ke arah selatan melewati pantai Shindu, pantai Karang hingga Semawang sehingga wisatawan bisa berolahraga sekaligus menikmati pemandangan pantai di pagi hari.

Harga Ticket

menu utama

Photo Gallery