Pantai Papuma

pantai papuma

Menengok tentang sejarah, bisa dibilang Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan rempah-rempah dan hasil bumi lainnya. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang membuatnya menjadi negara terjajah dalam waktu yang cukup lama. Meski sekarang Indonesia sudah menjadi negara merdeka dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, namun kesadaraan akan lingkungan sekitar kurang begitu menyebar ke lapisan masyarakatnya. Masih saja ada segelintir orang tidak bertanggung jawab yang mengambil hasil bumi dengan seenaknya sendiri, tanpa pertimbangan akan akibat yang timbulkannya.

Di luar apa yang sudah dialamai bumi pertiwi, Indonesia masih menyimpan sejuta pesona alam yang masih bisa kita nikmati hingga saat ini. Di ujung timur Pulau Jawa kita masih bisa menikmati keindahan Pantai Papuma yang secara administrative sedikit sulit dijelaskan. Karena Papuma sendiri merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan, tapi yang jelas pantai indah ini berada di kawasan Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan atau sekitar ±45 km selatan pusat Kota Jember dan berdampingan dengan Pantai Watu Ulo.

Kebanyakan para wisatawan yang pernah ke Pantai Watu Ulo pasti pernah singgah juga di Pantai Papuma yang lokasinya memang tidak jauh antara keduanya. Bisa dibilang Pantai Papuma merupakan salah satu surganya para pelancong yang cinta alam dan mereka yang hobi dengan dunia fotografi. Spotnya yang begitu indah dan menakjubkan, baik secara landscape maupun human interest. Selain bisa mendapatkan hasil jepretan yang memuaskan, keindahan alam yang disuguhkan untuk para pengunjung memang menakjubkan.

Hamparan pasir putih yang melingkar sepanjang ±25 km berdampingan dengan rimbunnya hutan yang membatasinya dengan lingkungan daratan. Hutan ini bisa terbilang masih cukup alami, terlihat dari vegetasi tumbuhan yang terdapat di dalamnya serta beberapa jenis satwa liar yang masih sering kita jumpai. Ketika kita sampai di lokasi untuk yang pertama kalinya, hanya rasa kagum dan takjub yang terasa. Kemolekan pantai pasir putih, lapisan laut biru dan deburan ombak berpadu dengan sekumpulan batu karang yang membentuk gugusan seperti pulau kecil. Seperti pesona pantai yang banyak dikunjungi wisatawan pada umumnya, dari Pantai Papuma ini kita juga bisa menyaksikan keindahan sunrise maupun sunsetnya. Dengan semakin meningkatnya jumlah para pengunjung, semoga keindahan Pantai Papuma ini tidak tercemar agar tetap bisa dinikmati hingga ke generasi-generasi selanjutnya.

Harga Ticket

Rp. 7.000 /orang

Photo Gallery