Pantai Pangandaran

Siapa bilang hanya Bali yang memiliki pantai eksotis nan indah? Hmm, mungkin kita bisa mencoba yang satu ini. Kalau pergi berlibur ke daerah ke Jawa Barat, kita akan menemukan sebuah pantai yang terkesan mirip dengan pantai-pantai yang ada di Bali yaitu Pantai Pangandaran. Pantai indah Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Ciamis yang terletak sebelah timur Jawa Barat, tepatnya di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.

Hal yang paling istimewa disini adalah karena kita bisa menikmati indahnya terbit dan tenggelam sang surya. Wah, jarang-jarang ada pantai yang bisa memberikan sajian terbit sekaligus tenggelamnya matahari dalam satu tempat. Bukan itu saja, untuk yang hobi melakukan surfing kita bisa mencoba ombak Pantai Pangandaran karena ada beberapa spot pantai yang pas banget untuk berselancar. Tapi tidak perlu khawatir, karena ombak disini masih dalam taraf aman untuk melakukan selancar, apalagi ditambah dengan adanya penjaga pantai yang selalu siap siaga kalau-kalau terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Pas untuk melakukan surfing, pas juga untuk berenang dong. Karena pantai ini memiliki jarak waktu pasang-surut yang lumayan lama, jadi aman untuk berenang terutama untuk anak-anak. Belum lagi pantainya yang landai dengan air yang begitu jernih membuat semakin betah lama-lama berada disini. Tidak perlu repot-repot membawa papan selancar dan ban untuk berenang, karena disini sudah ada tempat penyewaannya.

Kalau sudah bosan dengan berenang atau berselancar, maka cobalah untuk melakukan snorkling melihat keindahan taman laut dengan ikan-ikannya yang mempesona. Atau jika kita ingin menguji kehandalan dalam memancing, disini juga bisa. Kalau hanya ingin bersepeda keliling bersama keluarga tercinta juga boleh, karena banyak sekali yang menyewakan sepeda disini.

Boleh juga menikmati kawasan pantai pasir putih. Mencapai kawasan tersebut, kita bisa menaiki perahu sewaan yang sudah banyak tersedia. Disekitaran tersebut kita bisa berkeliling ke kawasan cagar alam Pananjung dengan suasana rindang pepohonan besar dan teriakan-teriakan monyet kecil di dahan pohon.

Bukan itu saja, terdapat fasilitas lain yang  membuat tempat ini makin lengkap. Dimulai dari area parkir yang disediakan sangat luas, kemudian  sangat gampang sekali menemukan penginapan atau hotel jika ingin menghabiskan malam di tempat menabjubkan ini. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer serta Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata juga ada. Gedung bioskop ditambah diskotik. Kemudian ada bumi perkemahan untuk mereka yang ingin menikmati alam Pangandaran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Benar-benar paket liburan yang lengkap bukan?

Pantai Pangandaran juga terkenal dengan event pariwisatanya yang digelar untuk menarik wisatawan. Yang pertama adalah Pangandaran International Kite Festival. Jangan kira hanya di Bali saja kita dapat menemui festival layang-layang, Di Pangandaran juga ada festival layang-layang internasional yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli. Kemudian ada juga Hajat Laut. Hajat Laut merupakan upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.

Wah, tidak salah kalau Pantai Pangandaran dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms ya? Untuk tiket masuk ke objek wisata ini memiliki harga yang bervariasi tergantung kendaraan yang kita bawa masuk ke dalam. Pejalan kaki per kepala dikenai biaya Rp. 3.000. Bagi yang membawa sepeda motor harus membayar sebesar Rp. 6.100. Kemudian untuk kendaraan jenis Jeep/Sedan Rp. 14.700, kendaraan jenis Carry Rp. 27.700, kendaraan penumpang besar Rp. 40.700, bus kecil Rp. 53.200, bus sedang Rp. 80.000, bus besar Rp.131.000.

Harga Ticket

Mulai dari Rp. 3000/Orang sampai dengan Rp. 131000/Bus Besar

Photo Gallery