Pantai Mawun, Surga Wisata Baru di Pulau Lombok

pantai mawun

Wisata yang satu ini mempunyai air yang sangat biru dengan pasir putih yang membentang sempurna di sekitar pantainya. Belum lagi 2 bukit yang berdiri kokoh di sekitarnya menjadikan wisata pantai ini terkesan sangat alami. Pantai ini bernama Pantai Mawut yang berlokasi di daerah Praya, Lombok Tengah.

Untuk mengakses lokasi pantai yang satu ini kalian bisa memilih berkendara dengan mobil atau motor kurang lebih sekitar 1,5 jam dari kota Mataram. Perjalanan dimulai dari Mataram-Cakranegara- Kediri – Praya – Penunjak – Selong Belanak – Mawun atau melalui Mataram-Cakranegara  – Kediri – Praya – Batunyale – Sengkol – Rambitan – Sade – Kuta – Mawun.

Pantai Mawun sangat terjaga keasrian pantainya, sehingga tak sedikit wisatawan yang melabuhkan pilihan  berwisatanya di pantai ini, tapi medan jalan ke sini memang tidak mudah, karena kalian harus melewati jalan berkelok-kelok dan berlubang.

Uniknya dari pantai ini adalah bentuknya mirip seperti  tapal kuda jika dilihat dari atas bukit, yaitu bukit Pengelo dan bukit Nettem yang terletak di sekitar pantai. Untuk mendapatkan pengalaman yang  berbeda, kalian bisa mendaki salah satunya. Kemudian dari atas kalian dengan mudah bisa melihat pasir putih dan air laut yang berwarna biru kehujauan.

Yang perlu kalian tahu begitu sudah menginjakkan kaki di pantai ini adalah pasir putih yang lembut akan mudah kalian temukan di bagian tengah pantai, sedangkan pada sisi sebelah baratnya diisi dengan pasir kasar campuran dari pecahan batu karang.  Kemudian kondisi air di sebelah barat dan timur lebih tenang  dan cocok untuk kalian yang ingin berenang. Tetapi tidak dengan bagian tengah pantai karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, yang bisa-bisa saja mendatangkan ombak besar, duhh ngeri..makanya hati-hati ya!

Serunya selain berjemur dan berenang kalian bisa menikmati pantai ini dengan berjalan tanpa alas kaki dan membiarkan pasir  pantai yang lembut masuk ke sela-sela jari kaki,  barangkali kegiatan berjalan di atas pasir ini bisa menjadi pijat refleksi lho.. hehe

Kalau sudah berencana pergi ke sini jangan lupa ya karena keindahan pantai ini tidak gratis  alias berbayar.. hehe. Harga tiket masuk dikenakan sebesar Rp. 5.000 untuk motor sedangkan Rp.10.000 untuk mobil. Dijamin kalian akan betah berlama-lama disini.

(Novita, Oktober 2017)

Sumber foto: Junaedi (Lombok Tour Guide)

Harga Ticket

Rp. 5.000 (parkir motor) dan Rp. 10.000 (parkir mobil)

Photo Gallery