Pesona Pasir Putih di Pantai Kuta

Siapa pun yang mendengar Pantai Kuta, ingatan pertama pasti akan tertuju pada Pulau Bali yang juga dikenal sebagai Pulau Dewata. Namun, Pantai Kuta juga ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Desa Kuta, bagian Selatan Pulau Lombok. Meski sama-sama berpasir putih, namun Pantai Kuta yang ada di Pulau Lombok memiliki pasir yang butirannya menyerupai butiran merica putih, sehingga pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Merica.

Pantainya indah dengan air lautnya yang masih tampak bersih dan jernih, di pantai ini juga terdapat deretan bukit-bukit yang menjorok ke laut. Perpaduan antara bukit-bukit, laut serta butiran pasirnya yang mungkin tidak bisa ditemukan di pantai-pantai yang lain, membuatnya pantai ini semakin memikat para wisatawan. Selain keindahan alamnya yang dapat dinikmati di desa ini, setiap satu tahun sekali diadakan Upacara Sasak atau yang disebut sebagai Upacara Bau Nyale.

Dalam upacara tersebut, para pelaut mencari cacing nyale di laut. Konon, dulu ada seorang putri bernama Putri Mandalika yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Namun, karena Sang Putri tidak bisa mengambil keputusan, maka Sang Putri pun akhirnya terjun ke laut. Dan sebelumnya, Sang Putri pernah berjanji akan datang kembali setiap satu tahun sekali. Rambutnya yang panjang, kemudian menjadi cacing nyale yang kini dicari para nelayan saat upacara dilakukan oleh suku sasak sebagai suku asli Pulau Lombok.

Suasana pantai memang cukup menyenangkan, sayang sekali untuk dilewatkan bila sedang singgah ke Pulau Lombok. Namun, untuk yang baru pertama kali mengunjungi pantai Kuta Lombok, sebaiknya lebih berhati-hati dengan para pedagang souvenir keliling. Karena mereka jauh lebih antusias jika dibandingkan dengan para pedagang souvenir di pantai pada umumnya. Kalau sekali saja ditanggapi, jangan heran kalau selanjutnya Anda akan terus dibujuk untuk membeli lagi souvenir-souvenir lain yang dibawanya.

Harga Ticket

menu utama

Photo Gallery