Pantai Anyer

Menikmati keindahan pantai memang tidak akan pernah ada bosannya, deburan ombak yang disertai hembusan angin seakan menyalurkan kedamaian ke dalam jiwa. Semua beban pikiran serta kepenatan seakan hilang bila kaki sudah menyentuh pasir putih dan disapu oleh ombak yang menghampiri. Pantai Anyer yang terletak di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten, merupakan salah satu tempat pelarian yang cukup favorite bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Apalagi pada saat weekend atau musim liburan tiba, Pantai Anyer menjadi salah satu tempat tujuan bagi sebagian besar warga Jakarta. Tak heran bila liburan tiba, kawasan Panrai Anyer menjadi macet. Berbagai fasilitas yang dimilikinya dan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Ibu Kota, membuat pantai ini semakin menjadi favorite.

Kalau dari Ibu Kota menuju Pantai Anyer, jaraknya ±160 km dan dapat ditempuh dengan waktu ±2 jam perjalan. Sedangkan dari Serang sendiri, jaraknya hanya sekitar 35 km. Untuk menuju kawasan Pantai Anyer tidaklah sulit, karena sudah banyak papan petunjuk jalan yang mengarah ke kawasan Anyer. Berbagai jenis penginapan bisa dengan mudah kita jumpai di kawasan pantai, mulai dari wisma, home stay, cottage, resort, hotel dan juga villa dengan berbagai tipe. Kawasan ini juga dilengkapi dengan jaringan fiber optic untuk mengakses internet dan jaringan komunikasi, baik secara nasional maupun internasional.  Sehingga para pengunjung tetap bisa berkomunikasi dan mengikuti perkembangan dunia luar. Kalau pun ingin berkuliner ria, disana juga banyak rumah makan maupun pedagang kaki lima yang menghadirkan aneka kuliner khas Banten.

Kalau Tanjung Benoa, Bali terkenal dengan watersportnya, Pantai Anyer pun juga tidak kalah soal watersport. Ada Banana Boat, Jet Sky, Snorkeling, Diving, bahkan ada juga biro perjalanan yang menawarkan paket tour ke Krakatau maupun Ujung Kulon yang terkenal dengan hewan purbakalanya. Selain fasilitasnya yang bermacam-macam, pantainya luas dan airnya juga cukup jernih, sehingga masih banyak jenis ikan yang hidup disana. Hal tersebut tentu saja tidak akan dilewatkan begitu saja oleh para pengunjung yang hobi memancing untuk menyalurkan hobinya.

Moment yang dicari dan selalu dinanti para wisatawan saat datang ke pantai juga bisa dipenuhi oleh pantai ini. Seperti keindahan sunset maupun sunrisenya, ditambah lagi dengan tingkah laku burung-burung laut yang beterbangan cukup rendah dan sesekali menyambar ikan di sepanjang pantai. Moment-moment indah tersebut dapat dinikmati dari pondok-pondok wisata atau juga di atas erahu yang berjalan lambat di tepi pantai. Disana kita juga bisa menemukan sebuah mercusuar yang menghadap ke Pantai Anyer, mercusuar tersebut memilki tinggi sekitar ±75,5 meter yang terdiri dari 18 lantai. Dari atas mercusuar, kita bisa menikmati keindahan panorama Pantai Anyer yang membentang luas. Kalau masih belum puas, para pengunjung juga bisa menyusuri kawasan pantai sambil bersepeda santai atau melakukan kegiatan lain sesuai dengan minat.

Photo Gallery