Monkey forest

Monkey Forest

Monkey forest atau dikenal juga dengan nama Mandala Wisata Wenara Wana merupakan sebuah tempat cagar alam dan kompleks candi yang terletak di kawasan Ubud, lebih tepatnya masuk ke dalam wilayah desa adat Padangtegal, Ubud. Di tempat ini terdapat kurang lebih 340 ekor monyet yang dikenal dengan jenis monyet ekor panjang  dan berwarna abu-abu (Macaca fascicularis)dengan jumlah jantan dewasa 32 ekor , jantan muda 19 ekor, betina dewasa 77 ekor,  remaja 122 ekor dan bayi 54 ekor). Ada empat kelompok monyet yang menempati wilayah berbeda di taman ini. Monkey forest atau hutan kera ini kemudian dijadikan sebagai salah satu obyek wisata terkenal di Ubud. Monkey forest ini dikelola dan dimiliki oleh warga desa Padangtegal  yang juga bertugas menjaga kesucian taman ini.

Di dalam monkey forest ini, wisatawan dapat melihat banyak kera yang hidup bebas di dalam hutan. Wisatawan juga dapat memberi makan kera-kera, namun sekarang terdapat peraturan yang tidak mengijinkan wisatawan memberi makan kacang kepada kera-kera. Dikarenakan  hasil penelitian yang dilakukan terhadap kera-kera yang jatuh dari pohon, ditemukan kadar lemak kera tersebut tinggi atau mengalami kegendutan yang bersumber dari kacang-kacang tersebut. Selain memberi makan, wisatawan juga dapat melihat tingkah polah kera-kera yang lucu sambil berjalan-jalan di dalam hutan dan berfoto bersama kera. Di dalam monkey forest, wisatawan tidak diijinkan untuk menggangu ataupun memegang kera, karena dapat menyebabkan kera marah. Saat berjalan-jalan menikmati kerindangan hutan diharapkan wisatawan berjalan di jalan setapak karena kera –kera disana tidak senang dan bisa marah jika ada yang menggangu wilayahnya.

Monkey forest ini terdiri dari sekitar 27 hektar lahan dan memiliki sekitar 115 jenis pohon. Di dalam hutan ini juga terdapat tiga pura besar, pura-pura tersebut diantaranya adalah Pura Dalem Agung yang berada di tengah hutan merupakan hutan tempat hidup kera. Pura Beji yang terdiri dari tiga pura yakni Pura Utama Mandala yang dikenal sebagai pura pemandian para dewa, Pura Madia mandala yakni pura yang memiliki sebuah kolam suci serta Puri Nista mandala yang merupakan tempat pemandian umum. Yang ketiga adalah Pura Prajapati sebagai pura untuk tempat pemakaman. Oleh sebab itu hutan kera ini memang dikenal sebagai kuburan Bali yang suci. Terkadang ada upacara keagamaan atau adat tertentu seperti upacara pembakaran mayat Ngaben.

Di monkey forest ini juga terdapat sebuah mata air. Mata air ini terletak dibawah sebuah patung komodo dan dipandang sebagai mata air yang suci. Penduduk setempat percaya bahwa air suci ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Harga Ticket

Rp. 20.000 (Dewasa) & Rp. 10.000 (anak-anak)

Photo Gallery