Mengintip Pengolahan Kopi Luwak di Bali Pulina

bali pulina

Mendengar dari namanya, mungkin pengunjung sama sekali tidak memiliki bayangan mengenai tempat wisata yang satu ini. Bali Pulina merupakan Agro wisata kopi luwak. Terletak di Jalan Br. Pujung Kelod, Tegalalang, Gianyar – Bali.

Tempat ini dibuat untuk membantu perkembangan pariwisata di desa ini dan juga untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar serta membantu para petani lokal untuk menjual kopinya. Bali Pulina sendiri ingin mengenalkan kopi luwak, yang merupakan produk utama di sini bagi masyarakat lokal sendiri ataupun wisatawan mancanegara.

Di Bali Pulina pengunjung bisa melihat proses pembuatan kopi terutama kopi luwak yang diolah secara tradisional. Selain kopi, para pengunjung juga dapat melihat-lihat kebun cokelat, buah-buahan dan berbagai tanaman herbal. Bali Pulina memiliki luas sekitar 1,5 hektar. Selain pemandangan sawah khas Bali, spot favorit para pengunjung ditempat ini adalah anjungan dari dek kayu yang berbentuk daun kopi. Disini pengunjung dapat menikmati racikan kopi luwak dan tidak ketinggalan sebagai teman ngopi, pilihan pisang goreng, pisang rai (pisang kukus) dan juga cookies akan melengkapi nikmatnya bersantai di alam terbuka yang ditawarkan oleh Bali Pulina.

Selain untuk agro wisata dan tempat relaksasi dari penatnya perkotaan, ada juga aktivitas lain yang diadakan di Bali Pulina ini. Di sini, terdapat area pondokan yang berada tepat di sebelah restoran, tempat anak-anak dari daerah sekitar untuk belajar, bermain gamelan dan juga menari. Ada juga kelas untuk kursus bahasa yaitu mengajarkan bahasa asing kepada para staf di Bali Pulina. Khususnya di luar Bahasa Inggris, seperti Bahasa Jepang, Korea, Rusia hingga Perancis.

Untuk produk tak hanya dapat dipesan untuk dinikmati di sini. Bali Pulina sendiri menyediakan area shop yang menawarkan produk-produk, mulai dari kopi luwak, kopi bali, dan berbagai jenis kopi lainnya dan juga coklat, yang dapat dibeli para pengunjung sebagai oleh-oleh.

Ingin bersantai sambil menikmati kopi luwak? Yuk buruan berkunjung ke Bali Pulina..

(Reni, Juli 2015)

Update: Januari 2018

Sumber foto: dari berbagai sumber

Harga Ticket

Rp. 150.000/orang

Photo Gallery