Lapangan Puputan Badung sebagai Rekreasi Hijau Kota

puputann

Biar liburan ke Bali kalian nggak pantai melulu, kalian bisa merasakan suasana teduh dengan ruang hijau di tengah padatnya arus lalu lintas kota Denpasar. Apalagi berkunjung bersama keluarga karena ruang hijau yang bernama Lapangan Puputan Badung ini bisa jadi salah satu alternatif liburan kalian seperti yang wisatakuliner.com lakuin di akhir pekan yang lalu. Selain karena tempat ini nyaman untuk dijadikan tempat berkumpul, kalian juga bisa berbaur dengan masyarakat setempat.

Mencari lokasinya juga nggak perlu pusing, karena lokasi lapangan hijau ini berada di sebelah timur Patung Catur Muka (patung berkepala empat-seperti gambar di samping) atau titik pusat dan titik nol-nya kota Denpasar, dan di sebelah barat Pura Jagatnatha dan Museum Bali.

Sebagai lahan terbuka hijau, lapangan ini nggak pernah absen kedatangan pengunjung mulai dari anak-anak sampai orang tua. Mengunjungi ruang publik yang satu ini paling asyik di waktu sore hari atau pagi hari, karena nggak terlalu panas. Kalian juga nggak perlu khawatir, kalau berkunjung kesini cuman perlu membayar retribusi parkir sebesar Rp. 1000 aja, mudah (murah), kan? Tapi kalau pengen belanja jajanan atau makanan lain yang dijajakan di sekitar sini tetap ditanggung sendiri ya! Hehe..

Menurut cerita sejarahnya, nama puputan berarti pertempuran habis-habisan sampai titik darah penghabisan. Dimana pada waktu itu tahun 1900 terjadi pertempuran antar Badung dengan Belanda yang mengorbankan banyak nyawa. Sehingga dibangunlah 3 patung yang kemudian menjadi maskot dari perang puputan Badung ini.

Selain tempat berkumpul, lapangan yang sekarang berubah nama menjadi Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung ini biasanya digunakan sebagai track jogging, jalan kaki terapi bagi para lansia, ruang duduk sambil bersantai, bermain catur, bermain sepatu roda, bahkan nggak sedikit para skaters unjuk kebolehan bersama skateboard mereka disini. Apalagi wisata yang satu ini sudah dilengkapi dengan sarana olahraga dan wahana permainan untuk anak-anak jadi orang tua yang sedang berolahraga nggak perlu khawatir membawa anaknya.

(Novita, Agustus 2017)

Photo Gallery