Kolam Renang Alam Yeh Sanih

Kolam Air Sani

Pulau Bali yang dikenal dengan Pulau Dewata memang sudah tidak asing lagi, baik oleh warga Indonesia maupun warga Negara Asing. Pesona alam dan budayanya sudah dikenal hingga ke seluruh dunia, setiap hari sudah tak terhitung lagi berapa banyak turis asing yang singgah ke Pulau Bali. Namun untuk keindahan alam yang ada di Bali bagian utara belum terlalu populer jika dibandingkan dengan wilayah Selatan. Pantainya memang indah, namun berpasir hitam dan cukup jauh jika dijangkau dari Bandara Ngurah Rai maupun pelabuhan Gilimanuk. Saat weekend kemarin, kami dari tim wisatakuliner.com menyusuri tempat-tempat wisata yang ada di wilayah Bali Utara. Kolam Renang Yeh Sanih yang berada ±17 km dari kota Singaraja atau lebih tepatnya berada di desa adat Yeh Sanih, Kecamatan Kubutambahan, Singaraja, Bali merupakan salah satu tempat wisata tujuan kami.

Kolam Renang Alam Yeh Sanih atau sering juga disebut dengan Yeh Sanih ini, merupakan kolam renang alam yang dikenal dengan sumber mata air yang keluar langsung dari dalam tanah. Mata air ini selalu mengeluarkan air tanpa henti dan berada di sebelah tenggara kolam renang. Menurut informasi yang kami terima, mata air tersebut diyakini masyarakat sekitar berasal dari aliran sungai bawah tanah yang mengalir dari Danau Batur. Sedangkan Danau  Batur sendiri letaknya cukup jauh dari Yeh Sanih, mungkin hingga ratusan kilometer. Dan yang lebih aneh lagi, lokasi kolam ini tepat berada di dekat pantai luas yang airnya sudah pasti asin. Namun air yang ada di Yeh Sanih justru merupakan air tawar yang dingin dan juga menyegarkan. Konon, Yeh Sanih digunakan sebagai tempat pemandian pasangan muda agar hubungan mereka semakin erat.

Untuk memasuki Yeh Sanih, kita cukup membayar tiket sebesar 4 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 2 ribu rupiah untuk anak. Sedangkan untuk menyimpan barang, kita harus menyewa loker dengan tarif 5 ribu rupiah. Yeh Sanih dibuka untuk pengunjung setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam. Namun untuk pengunjung yang datang lebih dari jam 8 malam, mereka tidak dikenakan biaya masuk. Kolam Renang Yeh Sanih terbagi menjadi dua kolam, yang pertama untuk anak berada di sebelah kanan loker. Dan satu lagi kolam dewasa yang ada disebelahnya dan menghadap langsung ke laut lepas, tentu saja kolamnya lebih dalam jika dibandingkan dengan kolam untuk anak-anak. Biasanya Yeh Sanih dipenuhi oleh warga lokal, apalagi pada saat weekend atau musim liburan tiba.

Setelah puas berada di kolam, biasanya para pengunjung menghabiskan waktunya dengan duduk bersantai di tepi pantai sambil menikmati perbekalan yang mereka bawa. Namun ada juga yang melanjutkannya dengan menyusuri pantai, bermain di pantai dan juga bermalas-malasan di bawah pohon yang cukup rindang di tepi pantai. Bagi pengunjung yang tidak membawa perbekalan tak perlu khawatir, karena di sana juga ada deretan pedagang yang menjual makanan. Kalau dari kolam renang, jaraknya hanya beberapa meter ke arah kiri kolam.

Harga Ticket

Dewasa (Rp. 4.000) & anak-anak (Rp. 2.000)

Photo Gallery