Keramba Terapung di Pantai Bumbang

pantai bumbang

Cuaca yang sedang cerah-cerahnya dan ombak yang tenang membuat wisata pantai yang satu ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Selain karena latar belakang pemandangan bukit hijau dengan hutannya juga belum terjamah tangan manusia, membuat pantai Bumbang yang lokasinya ada di desa pujut, Lombok tengah ini menjadi pengalaman berlibur yang tidak akan terlupakan.

Untuk akses menuju lokasi pantainya memang cukup sulit, karena melewati medan perbukitan yang naik turun. Dari Mataram Rute menuju Pantai ini adalah Mataram-Bundaran Gerung-By pass-pujut-Bumbang. Sekitar 1,5 jam waktu tempuh untuk sampai ke kota Mataram dengan kecepatan normal. Jalan aspal mulus di sepanjang Mataram ke arah pantai sangat baik.

Tapi bagi kalian yang tidak suka melalui jalur darat bisa mencoba alternatif lain dengan menyeberang laut menggunakan perahu sekitar 30 menit perjalanan melalui pantai Gerupuk, desa Sengkol, Kecamatan Pujut yang terkenal dengan ombaknya yang ganas sekalian menguji adrenalin. Hehe…

Keunikan lain dari pantai Bumbang ini adalah wisatawan dapat melihat secara langsung cara-cara pemijahan ikan kerapu bebek, budidaya abalong (kerang mata tujuh), lobster, kepiting, mutiara, hingga rumput laut. Bahkan kalian bisa mampir di keramba-keramba terapung yang digunakan sebagai lokasi untuk pembesaran di sepanjang pantai, meski terkesan berantakan dan sedikit mengganggu pemandangan. Tapi keramba dan pantai Bumbang ini menjadi satu kesatuan pengalaman liburan yang perlu dicoba.

(Novita, Oktober 2017)

Sumber foto: Junaedi (Lombok tour Guide)

Harga Ticket

-

Photo Gallery