Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang yang pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang memiliki arti “Tanaman dan Kebun Binatang.” Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian seorang pelukis ternama Indonesia, Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Tahun 1949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1964. Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektare yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Taman Margasatwa Ragunan diresmikan pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin. Kemudian diubah lagi namanya menjadi Kebun Binatang Ragunan, menempati lahan seluas 185 hektar yang ditumbuhi aneka jenis pepohonan rindang, serta menjadi rumah dari 295 jenis satwa (termasuk yang terancam punah). Sedangkan jumlah satwa yang ada di Kebun Binatang Ragunan ini mencapai sekitar 4.040 ekor baik yang berasal dari wilayah Indonesia maupun dari luar negeri.

Kebun Binatang Ragunan juga menyediakan fasilitas seperti pusat informasi, kereta keliling, delman, perahu, tempat piknik, tempat makan, dan cinderamata. Selain itu Kebun binatang Ragunan juga menyediakan sarana bermain seperti taman satwa anak, taman perahu, pusat primate Schmutzer, dan Rakit wisata. Selain itu ada traksi-atraksi yang tidak kalah seru seperti gajah tunggang, onta tunggang, sirkus hewan, dan atraksi burung. Yang benar-benar menyenangkan para pengunjung adalah tontonan Orang Utan yang mengelilingi Kebun Binatang Ragunan menaiki Delman.

 Akses menuju Kebun Binatang Ragunan

Kopaja 19 dan Kopaja 985 dari Tanah Abang melalui Blok M ke Kebun Binatang Ragunan

Metromini 77 dari Blok M ke Kebun Binatang Ragunan

Kopaja 68 dan 602 dari Kampung Melayu melalui Pasar Minggu ke Kebun Binatang Ragunan

Mikrolet 17 dan KWK 02 dari Depok ke Kebun Binatang Ragunan

Mikrolet Merah (KWK) 15A dari Taman Mini Indonesia Indah ke Kebun Binatang Ragunan

Bus Trans Jakarta, berhenti di halte bus Ragunan.

Harga Ticket

Anak-anak : Rp. 3.000/orang; Dewasa : Rp. 4.000/orang

Photo Gallery