Goa Lawah

Goa Lawah

Pura Sad Kahyangan Goa Lawah atau lebih dikenal dengan nama “Goa Lawah”, merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Pesinggahan, Kabupaten Klungkung. Kalau dari arah kota Denpasar menuju Candidasa atau Padang Bai, lokasinya ada di sisi kiri jalan raya dan berseberangan dengan pantai berpasir hitam, pantai Kusamba. Selain pemandangannya yang indah, dari pantai tersebut kita bisa melihat Pulau Nusa Penida yang berada di Seberang Pulau Bali.

Pura Goa Lawah memiliki dua pintu utama, pintu yang pertama ada di bagian timur dan di sebelahnya ada sebuah pohon tua dan besar. Kelihatannya pohon tersebut sudah berusia puluhan tahun dan sudah tidak memiliki daun lagi. Dan pintu kedua ada di sebelah barat, semua orang yang ingin masuk ke dalam Goa Lawah harus melewati pintu masuk yang ini. Sama seperti ketika memasuki area pura atau tempat-tempat yang dianggap suci di wilayah Bali pada umumnya, sebelum memasuki kawasan Pura Goa Lawah pun ada beberapa syarat yang diberlakukan. Diantaranya, bagi perempuan yang sedang datang bulan tidak diperkenan untuk memasuki kawasan pura. Para pengunjung diharuskan memakai sarung dan selendang yang diikatkan pada pinggang, dan beberapa peraturan lainnya.

Setelah membayar sebesar Rp 9.000 untuk menyewa sarung dan sebagai tiket masuk, baru kita bisa memasuki wilayah Pura Goa Lawah. Setelah pintu masuk, di sana hanya terlihat beberapa bale dan tiga buah pintu besar yang menghadap ke selatan. Dimana pintu bagian tengah selalu tertutup, dan di bagian atas pintu terdapat sebuah lambang seekor kelelawar yang mengepakkan sayapnya. Sedangkan untuk masuk ke bagian utama Pura Goa Lawah, bisa melewati pintu yang sebelah barat atau sebelah timur.

Namun sayangnya, ketika kami dari tim wisatakuliner.com tiba dilokasi, bertepatan dengan orang-orang yang sedang mengadakan upacara. Sehingga kami hanya bisa melihat dari jauh kelelawar yang terbang berseliweran diantara beberapa palinggih. Meski jaraknya cukup jauh, namun suara kelelawar juga bisa terdengar cukup jelas dan orang-orang yang sedang melakukan upacara pun juga terlihat sangat hikmat. Biasanya Pura Goa Lawah dibuka untuk para wisatawan mulai dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam setiap hari.

Harga Ticket

Rp 9.000/ orang dewasa

Photo Gallery