ESPA Yeh Panes

ESPA Yeh Panes

ESPA Yeh Panes merupakan salah satu pemandian air panas yang terdapat di Desa Penatahan, Tabanan, Bali. Dari jalan utama ( kalau dari arah Tabanan kota) belok kearah kanan, untuk menuju ke pemandian air panas, kita cukup menempuh jarak  ±500 meter. Sedangkan untuk tiket masuk hanya seribu rupiah untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak lima ratus rupiah. Lokasinya cukup luas dan jauh dari keramaian, sehingga suasananya masih sangat alami, tenang dan damai.

Areanya juga cukup luas, dilengkapi dengan beberapa gazebo dan sebuah resto yang bias dijadikan tempat beristirahat sehabis berendam. Dari pihakpengelola menyediakan dua tempat natural hot sping yang bias dinikmati para pengunjungnya. Ada kolam umum dan kolam privat, untuk kolam umum, lokasinya ada di bagian belakang yang terdiri dari tiga kolam. Kolam yang pertama dan kedua ada di bawah dengan ukuran yang tidak telalu besar, dan kolam yang ketiga ada di bagian atas dengan ukuran yang cukup besar.

Sedangkan untuk kolam privat di bagi atas beberapa ruang, 2 ruang di bagian depan (sebelah kanan resepsionis) dan beberapa ruangan lagi di bagian belakang (di sebelah kolam umum). Untuk kolam privat dilengkapi dengan sebuah pancuran air panas yang mengarah kekolam dan sebuah pancuran air dingin yang ada di sebelah kolam. Untuk kolam privat, kita harus mengeluarkan biaya sebesar 20ribu rupiah per orang untuk satu jam. Air panas yang ada di kolam pemandian Yeh Panes ini berasal dari sumber air panas alami, sehingga tak heran jika warna airnya tidak jernih, karena mengandung belerang yang dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit kulit.

Setelah puas berendam, para pengunjung bias bersantai sambil menikmati suasana tenang dengan berbagai menu yang disediakan pihak pengelola natural hot spring resort. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat tersedia di restonya. Ada nasi goring alaYeh Panes, cap cay, chicken corn soup, tomato cream soup, spring roll, French fries, sandwich, spaghetti dan beberapa menu lainnya. Sedangkan untuk dessert dan minunmannya adaIce Cream, banana fritter, soft drink, beer, milk shake, fresh juice dan beberapa macam hot baverage. Sedangkan harganya cukup terjangkau, untuk makanan dan minumannya mulai Rp 7.000 sampai Rp 27.000 untuk setiap jenis menu yang tersedia.

Lokasinya yang jauh dari keramaian, membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama berada di resort, selain itu tempatnya juga bersih dan rindang. ESPA Yeh Panes juga dilengkapi dengan fasilitas massage yang bias dinikmati para pengunjung setelah berendam, tentu saja dengan biaya tambahan. Pengunjungnya yang tidak terlalu banyak, sangat cocok untuk menikmati suasana yang tenang. Biasanya ESPA Yeh Panes dibuka untuk para pengunjung mulai dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam setiap hari. Untuktarif yang berlaku di ESPA Yeh Panes semua sama antara pengunjung local maupun mancanegara