Danau Buyan & Danau Tamblingan

Buyan, Tamblingan

Di daerah Bedugul, selain ada danau Bedugul yang cukup terkenal terdapat juga danau Buyan dan Tamblingan yang tak kalah kecantikanya  dan keindahannya dengan danau Bedugul. Namun sayangnya masih sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaan  kedua danau ini. Jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi danau ini lebih banyak jumlahnya jika dibandingkan dengan wisatawan lokal. Maklum wisatawan lokal kebanyakan lebih menyukai wisata belanja dibandingkan bersantai menikmati keindahan alam Indonesia.

Lokasi danau Buyan dan Tamblingan berada tidak jauh dengan lokasi danau Bedugul. Hanya sekitar beberapa kilometer lagi setelah danau bedugul. Ada 2 jalur untuk menuju ke kedua danau ini, yang pertama setelah melewati danau bedugul di sebelah kiri jalan akan terlihat gerbang yang bertuliskan akses menuju danau buyan dan tamblingan. Dengan melewati jalur ini Anda dapat langsung menuju ke pinggir kedua danau ini. Jalur yang kedua anda akan menemukan danau Buyan dan Tamblingan dari sisi atasnya, dengan mengakses jalan dari danau Bedugul lurus terus ke arah atas hingga bertemu pertigaan. Saat tiba di pertigaan, anda tinggal memilih belok ke kiri. Dari sini anda dapat menikmati keindahan kedua danau ini dari atas.

Saat menuju ke danau Buyan dan Tamblingan menggunakan jalur yang kedua, Anda akan menjumpai jalan dimana di kanan kiri jalan tersebut seringkali terlihat monyet-monyet yang sedang duduk asyik di sepanjang jalan. Monyet-monyet disini relatif lebih jinak dan tidak menggangu wisatawan dibanding di Uluwatu. Monyet-monyet ini  turun ke pinggir jalan untuk mencari makanan, karena biasanya para wisatawan berhenti sejenak untuk melihat tingkah polah lucu monyet, berfoto, dan memberi mereka makanan.

Pada jalur kedua juga banyak terdapat titik-titik pemberhentian untuk menikmati keindahan danau. Biasanya di seberang titik pemberhentian ini terdapat warung atau restoran kecil yang menyajikan minuman hangat hingga menjual makanan. Di sini juga biasa ditemukan banyak turis asing yang sedang duduk bersantai menikmati keindahan danau sambil ditemani secangkir kopi Bali. Danau Buyan dan danau Tamblingan ini juga sering disebut dengan danau kembar, karena letaknya bersebelahan hanya dibatasi oleh area pepohonan yang tidak begitu luas. Ada sebuah titik pemberhentian, dimana pada titik ini kita bisa melihat danau Buyan di sebelah kiri dan danau Tamblingan di sebelah kanan. Anehnya jika kita mengabadikan dalam cepretan kamera, maka akan terlihat seperti sedang berfoto dengan background lukisan.

Danau Buyan dan Tamblingan biasa digunakan oleh orang-orang untuk lokasi memancing, karena suasananya yang nyaman dan tenang. Selain itu di pinggir danau ini juga terdapat area perkemahan, sehingga bagi Anda yang suka dengan kehidupan alam bebas biasa mencoba untuk berkemah disini. Atau jika Anda ingin menikmati suasana yang lebih nyaman, tersedia juga beberapa penginapan di daerah ini. Di sekitar danau masih dikelilingi hutan dan sedikit pemukiman penduduk. Udara di daerah sini pun sangat sejuk dan segar bebas dari polusi asap kendaraan. Cahaya matahari yang menyinari memberikan kehangatan tersendiri ditengah dinginnya udara di danau Buyan dan Tamblingan.

Photo Gallery