Danau Bedugul

Danau Bedugul

Danau Beratan atau lebih dikenal dengan nama danau Bedugul merupakan salah satu obyek wisata yang menawarkan pemandangan alam danau dan pegunungan yang menyejukkan. Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar dan Singaraja, membuat danau ini cukup strategis dan mudah untuk ditemukan. Danau ini lebih dikenal dengan nama “Danau Bedugul” karena letak danau ini berada di daerah Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Danau ini adalah danau terluas kedua setelah Danau Batur yang luas 1.607,5 ha.

Danau Bedugul merupakan salah satu danau penting untuk irigasi. Danau Bedugul dikenal sebagai danau “gunung suci”, kawasan ini sangat subur, terletak pada ketinggian 1.200 meter, dan beriklim sangat dingin. Menurut mitos yang ada di masyarakat Bali, sebenarnya Danau Bedugul ini merupakan danau yang terbesar di pulau Bali awalnya. Namun pada suatu ketika terjadi gempa bumi yang sangat dahsyat dan akhirnya danau Bratan ini terbagi menjadi tiga bagian, Bratan, Tamblingan dan Buyan. Nama “Bratan” diambil dari kata “Brata” yang berarti mengendalikan diri dengan menutup 9 lubang kehidupan. Kata-kata “Brata” ini dapat kita jumpai dalam istilah “Tapa Brata” yang memiliki arti bersemedi atau bermeditasi untuk mencapai ketenangan agar dapat manunggal dengan alam dan berkomunikasi dengan Yang Maha Gaib.

Danau Bedugul bisa diakses dari 2 tempat, yang pertama adalah tempat yang biasa menjadi pemberhentian bus-bus pariwisata. Sedangkan tempat yang satunya biasa menjadi tempat pemberhentian mobil-mobil dan motor. Di tempat yang kedua kita bisa memarkir mobil dipinggiran danau, sedangkan di tempat pertama kita harus jalan kaki dahulu untuk menuju danau.

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di danau Bedugul ini. Untuk menikmati pemandangan di danau, Anda bisa menyewa kapal boat, kapal atau sampan. Setelah membeli tiket, Anda akan diantar mengelilingi danau menikmati pemandangan dan hawa yang sejuk. Jika ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang Anda bisa mencoba water sport seperti paracyling dan jetsky. Anda juga bisa menikmati keindahan danau ini sambil memancing, di sini ada beberapa orang yang menyediakan penyewaan alat pancing. Atau Anda ingin mengabadikan moment indah ini, tersedia jasa foto kilat di beberapa tempat di sekitar danau.

Di sekitar Danau Bedugul juga terdapat tempat makan dan juga penjual souvenir. Selain keindahan danau dan pegunungan yang mengelilinginya, di sisi lain danau ini terdapat sebuah pura yang bernama “Pura Ulun Danu”, pura ini bisa diakses dari obyek wisata Candi Kuning disamping obyek wisata Danau Bedugul. Sedangkan di seberang jalan dari danau ini, juga terdapat sebuah masjid yang cukup besar dan pondok pesantren. Sungguh perpaduan yang cukup unik antara danau, pegunungan, pura dan masjid.

Photo Gallery