Candi Kuning & Pura Ulun Danu

Candi Kuning

Candi kuning merupakan desa paling Utara di kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Di Candi Kuning ini terkenal dengan puranya yaitu Pura Ulun Danu. Pura ini adalah Pura Subak yang disungsung oleh para petani, karena danau Beratan adalah sumber mata air irigasi bagi sawah para petani. Di daerah berhawa sejuk ini Anda disajikan pesona keindahan Pura Ulun Danu bersanding dengan Danau Beratan sekaligus menikmati produk-produk kerajinan dan hasil kebudayaan masyarakat agraris Tabanan.

Pura Ulun Danu Beratan ini sudah ada sebelum tahun 1556. Pura Ulun Danu kemudian dibangun oleh Raja Mengwi I Gusti Agung Putu tahun 1633 yang berarsitektur campuran Hindu-Budha dan ditandai dengan stupa Budha. Semenjak pendirian pura tersebut termasyurlah kerajaan Mengwi, dan I Gusti Agung Putu digelari oleh rakyatnya “ I Gusti Agung Sakti”.

Di depan halaman sebelah kiri dari Pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas babaturan (teras). Diperkirakan bahwa lokasi Pura Ulun Danu Beratan telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak zaman megalitik.
Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura, yaitu : Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti, guna memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan lestarinya alam semesta. Meskipun dianggap sebagai tempat pemujaan kepada trimurti (Dewa Wisnu, Brahma, dan Siwa), namun sebetulnya pura ini semula merupakan tempat untuk memuja Dewa Siwa dan Dewi Parwati, yang merupakan simbol bagi kesuburan.

Untuk memasuki obyek wisata Candi Kuning  pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp. 10.000 per orang. Memasuki pintu masuk, pengunjung akan disambut dengan sepasang patung singa di kanan dan kiri jalan masuk. Pemandangan yang sangat menakjubkan terhampar di depan mata, perpaduan antara kemegahan gunung, hamparan danau Beratan dan keagungan pura Ulun Danu. Sebelum memasuki kompleks pura, di sebelah kanan dan kiri jalan setapak terdapat taman yang sangat besar dan luas. Pohon-pohon besar dan bunga-bunga yang cantik tertata rapi di taman tersebut, ada juga arena bermain anak yang terletak di taman sebelah kanan. Sangat bagus untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Di sini juga terdapat rekreasi air yang menyediakan peminjaman speed boat, boat atap, sampan dayung dan perahu bebek.

Harga Ticket

Turis domestik : Rp. 10.000 / orang

Photo Gallery