Angel’s Billabong, Surga di Balik Tebing Bebatuan

angel's billabong

Tempat wisata Angel’s Billabong ini terletak di suatu tempat tersembunyi di Pulau Nusa Penida, tepatnya di Banjar Sompang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung – Bali. Nama Angel’s Billabong ini diberikan karena menurut wisatawan atau turis yang berkunjung tempat ini seperti muara sungai yang menyimpan keindahan luar biasa. Tak salah memang jika tempat ini disebut demikian, selain memiliki kolam yang terbentuk secara alami, di tempat ini kita bisa berenang sambil menatap langit dan laut lepas bersamaan karena kolam alam ini berbatasan langsung dengan laut lepas.

Untuk sampai ke lokasi Angel’s Billabong ini kalian akan menempuh waktu selama ± 1,5 jam berkendara dari pelabuhan atau pusat kota Nusa Penida. Kalian akan melewati pemukiman penduduk dan pemandangan pedesaan yang menyenangkan, tetapi akses jalannya tidak terlalu lebar dan banyak lubang. Jadi jangan ngebut-ngebut ya. Setelah ±1,5 jam berkendara kalian akan sampai di jalan bercabang, satu jalan menuju Pasih Andus (Smoke Beach) sedangkan satu jalan lainnya menuju Pasih Uwug (Broken Beach).

Kalian ambil jalur menuju Pasih Uwug, melewati jalan berdebu dan cukup ekstrim selama 10 menit hingga pemandangan menakjubkan Pasih Uwug menyambut kedatangan kalian. Kalian bisa parkir kendaraan kalian disekitar Pasih Uwug ini, sekedar informasi karena tempat wisata ini sedang ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara dan belum ada pengelola atau sekedar penjaga, maka perhatikan barang bawaan kalian jangan meninggalkan barang berharga di kendaraan.

Lalu dimanakah Angel’s Billabong ? Tunggu, sebentar lagi sampai.
Dari parkir Pasih Uwug, kalian akan menemukan jalan setapak yang dikelilingi semak-semak, jalan tersebut akan mengantar kalian menuju hamparan karang. Disini kalian harus berhati-hati agar jangan sampai terpleset atau terjatuh, karang-karang ini cukup licin dan tajam. Berjalan 10 meter melewati hamparan karang, tibalah kalian diatas Angel’s Billabong. Sampai disini, kalian akan terpesona melihat indahnya kolam yang terbentuk secara alami dengan gradasi warna hijau yang menyejukkan dengan dikelilingi karang-karang setinggi 3-4 meter dan berbatasan langsung dengan laut lepas.

Jangan khawatir untuk kalian yang gak tahan pengen nyebur dan menikmati langsung sensasi berenang di kolam alam sambil menatap langit dan laut lepas bersamaan, kalian dapat menuruni karang untuk sampai tepat di Angel’s Billabong. Tetaplah berhati-hati dan perhatikan keselamatan kalian. Meskipun tempat ini sangat luar biasa menakjubkan, namun tetap menyimpan bahaya. Kolam alami ini terjadi karena saat pasang air laut naik menembus karang kemudian  terperangkap di kubangan karang saat surut. Waspadalah meski sedang bersenang-senang, jangan sampai liburan kalian berbuah petaka ya!

(Ririn, Agustus 2015)

Update: November, 2017

Sumber foto: dari berbagai sumber

Harga Ticket

Rp. 5.000