Toko Sinar 33 “Jenang Mubarok”

Toko Sinar 33 “Jenang Mubarok”

Setelah berwisata kuliner di Kudus, akhirnya perjalanan kami harus dilanjutkan menuju ke Kota Semarang. Namun sebelum kami meninggalkan kota Kudus, kami singgah terlebih dahulu ke Toko Sinar 33 yang merupakan pusatnya jenang mubarok. Lokasinya berada di Jalan Sunan Muria No. 33, Kudus. Untuk mencapai lokasinya sangat mudah, dari Simpang 7 Kudus ambil yang ke arah utara menuju Jalan Sunan Muria langsung, lokasi tokonya berada di sebelah kiri. Jenang merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Kota Kudus. Sedangkan Jenang Mubarok sendiri adalah salah satu jenang yang paling populer dikalangan masyarakat, tidak hanya di kota Kudus, namun peredarannnya sudah mencakup seluruh provinsi yang ada di Indonesia hingga ke luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, Arab Saudi dan beberapa negara lainnya.

Berdasarkan informasi yang kami terima, pada awalnya usaha ini dirintis sekitar tahun 1910 oleh pasangan H. mabruri dan Hj. Alawiyah di Desa Kaliputu. Dan sekarang ini, dilanjutkan oleh generasi penerusnya melalui PT. Mubarokfood Cipta Delicia. Sedangkan Toko Sinar 33 merupakan pusat penjualan jenang mubarok. Meski berawal dari jenang, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, kemudian terciptalah beberapa variasi jenang yang beraneka rasa. Misalnya saja rasa strawberry, durian, susu, cappuccino, mocca dan anggur. Semua dikemas secara menarik dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari kemasan sachet, deluxe, edisi lebaran, edisi bali, kotak biasa atau slop, tas hingga kemasan kardus paket (kecil, sedang, besar).

Selain jenang kudus mubarok, ada juga dodol mubarok yang juga memiliki aneka rasa, seperti rasa cokelat, tiramisu, kismis, jahe susu dan rumput laut. Semua jenis jenang dan dodol ini bisa bertahan hingga 6 bulan. Variasi jenang maupun dodolnya memang cukup banyak, namun untuk kali ini kami mencoba jenang original, mocca dan dodol cokelat. Meskipun beraneka rasa, tapi rasa aslinya tetap dominan, baik untuk jenangnya maupun dodolnya.

Biasanya toko Sinar 33 mulai melayani para pengunjungnya setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Di daerah Kudus sudah banyak merek jenang yang hampir mirip dengan jenang mubarok, kalau kebetulan membeli di toko-toko lain pastikan terdapat logo kudus mubarok, kudus viva, kudus mabrur, kudus sinar 33, kudus jawa rasa, kudus baginda, kudus semesta untuk jenangnya. Sedangkan untuk dodolnya, ada citra persada dan Claszeto Chocolate dodol. Selain itu, pastikan juga terdapat logo Mubarok Food.

Produk

Jenang & Dodol Mubarok

Photo Gallery