Tape Ketan Muntilan 181

Tape Ketan Muntilan 181

Kota Muntilan memang terkenal sebagai pusatnya tape ketan. Ada 1 merk yang cukup merajai di industri tape ketan dan juga merupakan pelopor sejak tahun 1935, yaitu Tape Ketan 181. Dikenal dengan nama Tape Ketan 181 karena toko ini pertama kali berdiri dengan alamat toko bernomor 181. Kunjungan saya ke kota Muntilan ini khusus untuk membeli tape ketan sebagai oleh-oleh titipan keluarga di rumah. Berada di jalan utama kota Muntilan yaitu jalan pemuda 181 membuat toko Tape Ketan 181 sangat mudah ditemukan. Begitu memasuki kota Muntilan dari arah kota Jogja menuju kota Magelang, toko ini berada tidak jauh dari pintu masuk kota Muntilan sebelah kiri jalan. Toko Tape Ketan ini meiliki 1 cabang yang berada di jalan yang sama hanya berbeda nomor saja.

Toko Tape Ketan Muntilan memiliki bangunan yang cukup luas dan lebar sehingga mampu menampung pengunjung yang biasa datang bersama rombongan bus-bus pariwisata. Dengan meja-meja etalase yang berjajar rapi menampilkan aneka jajanan dan oleh-oleh khas daerah Muntilan dan sekitarnya, tentu saja tape ketannya yang menjadi jawara kategori yang paling laris terjual disini. Selain tape ketan saya juga menyukai wajik buatan toko ini, namun sayangnya saat saya kemari wajiknya sudah sold out alias ludes terjual.

Tape ketan dibuat dengan menggunakan beras ketan putih dengan pewarna berasal dari daun katu. Tape ketan disini tersedia dalam 2 kemasan untuk dibawa pulang, yang pertama kemasan plastik biasa yang diikat karet dengan isi  ½ kg dan yang kedua kemasan toples plastik dengan isi 1 kg. Biasanya pengunjung dari luar kota membeli tape ketan dengan kemasan toples karena lebih aman dan tidak takut tumpah saat di perjalanan. Rasa tape ketan buatan Tape Ketan Muntilan 181 cukup manis dan empuk, sangat cocok untuk dibuat campuran es buah maupun wedang-wedangan. Tape ketan ini mampu bertahan hingga 1 bulan jika disimpan di lemari es, jika disimpan di tempat biasa hanya bertahan 3 hingga 4 hari saja.

Produk

Tape Ketan

Photo Gallery