Srabi Notosuman

Srabi Notosuman

Kue Srabi atau serabi memang merupakan kue legendaris dari Solo yang masih terjaga keaslian resepnya hingga sekarang. Salah satu pembuat kue Serabi Solo yang wajib dikunjungi adalah Srabi Notosuman Ny. Handayani yang telah ada sejak tahun 1923, sayapun tak bisa menghindar untuk tidak mampir membeli kue serabi disini. Berada di dalam jalan kecil Moh yamin no 49 tidak membuat toko Srabi Notosuman ini sepi pembeli, saya mau memarkir mobil saja tidak bisa di depan toko langsung.

Toko Srabi Notosuman yang memiliki ruangan tidak terlalu besar ini terlihat penuh dengan pengunjung yang dengan rapi duduk menunggu pesanan mereka. Tak ketinggalan saya juga memesan sekotak kue serabi campur di kasir, segera pelayan toko mencatat pesanan dan nama saya. Sambil menunggu pesanan, saya melihat-lihat aneka jajanan pasar yang juga dijual disini. Ada ketan, lemper, onde-onde, kue basah, kue lapis, kerupuk karak, hingga sosis solo tersedia disini. Jadi teringat masa kecil saya yang selalu dibelikan jajanan pasar jika ikut ke pasar bersama mama.

Jalan-jalan kesamping toko Srabi Notosuman ini, Anda dapat melihat proses kue serabi dibuat di ruangan ini. Adonan kue serabi dituang ke dalam wajan cetakan kecil yang berjajar rapi di atas anglo yang masih menggunakan bahan bakar areng, kemudian ditutup menggunakan tutupan yang terbuat dari tanah liat. Sesekali tutupan dibuka untuk melihat apakah serabi sudah matang. Jika telah matang, kue serabi diletakan ke dalam suatu wadah untuk didinginkan terlebih dahulu. Ada dua jenis kue serabi yang dijual disini, yaitu kue serabi biasa dan coklat. Untuk kue serabi yang coklat dibuat dengan menambahkan mesis coklat diatas adonan kue serabi yang tengah dimasak.

Kue serabi berbentuk bulat walaupun tak bundar, dengan bagian pinggirnya yang kering dan bagian tengahnya yang mengembung tebal. Jika dimakan bagian pinggirnya terasa kres kres dan bagian tengahnya terasa sekali kelembutan campuran dari adonan dengan santan yang kental. Yang rasa coklat juga terasa sekali manis dari coklatnya, namun tak membuat eneq. Sungguh perpaduan yang sangat pas dan khas sekali, tak heran jika kue serabi menjadi salah satu kue yang legendaris hingga sekarang. Rasa khas kue serabi dan kelembutannya masih terbayang hingga saya menuliskan cerita ini.

Terdengar nama saya dipanggil, menandakan pesanan saya telah siap, segera saya kembali ke ruangan sebelah. Sekotak kue serabi hangat telah siap, setelah membayar saya kembali ke mobil untuk segera menikmati kue serabi ini.

Produk

kue serabi

Photo Gallery