Salak Pondoh

Salak Pondoh

Salak pondoh merupakan salah satu buah-buahan dan oleh-oleh khas kota Jogja. walaupun merupakan salah satu oleh-oleh khas kota Jogja, namun salak pondoh lebih mudah ditemukan di sepanjang jalan di kota Sleman. Yaitu sepanjang jalan dari kota Jogja menuju ke kota Muntilan.

Di sepanjang jalan ini banyak berjajar penjual salak pondoh di kanan dan kiri jalan raya. Salak pondoh ini terdiri dari beberapa variasi harga, setiap harga menunjukkan kualitas dari salak pondoh tersebut. Semakin mahal maka semakin baik kualitasnya. Harga salak pondoh juga berubah-ubah seperti harga buah-buahan pada umumnya, jika sedang tidak musim maka harga akan cenderung tinggi.

Untuk bentuk salak pondoh sama seperti salak pada umumnya, ada yang besar dan ada yang kecil. Namun kebanyakan orang mengira salak pondoh adalah salak yang memiliki ukuran kecil. Padahal salak pondoh yang berkualitas baik biasanya memiliki ukuran yang besar, salak pondoh dengan ukuran yang lebih kecil biasa dijual dengan harga lebih murah.

Rasa dari salak pondoh ini berbeda dengan buah salak dari kota manapun. Salak pondoh dengan kualitas super memiliki rasa yang manis dan tidak ada rasa asam kecut atau biasa orang Jawa bilang rasa “ sepet”. Selain itu kebanyakan salak pondoh terasa masir dan kres-kres saat dikunyah.

Jika untuk dibuat oleh-oleh, bisa meminta buah salak yang disimpan dalam besek atau yang masih menempel pada batangnya. Karena jika disimpan dalam tas kresek akan lebih cepat matang dan tidak tahan lama. Selamat memilih salak pondoh.

Photo Gallery