Pudak Cap Kuda

Pudak Cap Kuda

Setelah puas menikmati bandeng makanan khas kota Gresik, jangan lupa beli juga camilan dan oleh-oleh kota ini, Budak. Namanya unik bukan? Mungkin hanya sedikit orang yang tahu bahwa pudak adalah salah satu oleh-oleh khas kota Gresik. Tak perlu binggung mencari oleh-oleh yang satu ini, Anda tinggal menuju ke pabriknya di jalan Aipda Karel Sasuit Tubun no. 21 Gresik. Dengan memakai merk Cap Kuda, toko ini selalu menyediakan pudak, ayas dan dodol yang dibuat baru setiap harinya.

Toko pudak Cap Kuda memang tidak memasang papan yang menunjukkan merknya, hanya terlihat sebuah rumah kuno dengan sebuah banner bergambar kuda yang terpasang di depan rumah. Kebanyakan orang awam mungkin mengira tempat ini bukanlah sebuah toko, hanya rumah tangga biasa. Tapi begitu masuk ke dalamnya barulah terlihat pudak, ayas, dan dodol yang ditata rapi bersama dengan aneka jajanan yang lainnya.

Di dalam toko terlihat beberapa karyawan disini yang sedang menjahit ope, yaitu sejenis kelopak bunga dari pohon jambe yang digunakan sebagai pembungkus pudak. Sedangkan bahan baku pudak sendiri adalah tepung beras, gula, vanila dan santan. Membuat pudak cukup mudah tinggal mencampur semua bahannya ,dituang ke dalam ope dan dikukus hingga matang, kemudian pudak diikat dengan tali rafia. Rasa dari pudak ini cukup manis, mirip seperti bubur candil/ biji salak cuma dengan bentuk yang lebih padat. Yang pasti sangat enak dan cocok sebagai buah tangan bagi saudara dan sahabat di rumah.

Produk

Pudak

Photo Gallery