Pepaya Karisya & Arum Bogor Perkebunan Bantaran

Pepaya Karisya & Arum Bogor Perkebunan Bantaran

Pernahkah Anda menikmati buah pepaya dari hasil petikan Anda sendiri, atau buah pepaya yang baru saja dipetik dari pohon. Kalau anda belum pernah merasakannya, ada baiknya luangkanlah waktu sejenak untuk singgah ke Kota Blitar, atau lebih tepatnya ke Desa Krisik, Wlingi, Blitar. Untuk aksesnya cukup mudah, karena lokasinya berada di jalur searah menuju Kawasan Wisata Bendungan Selorejo dan Wisata Rambut Monte kalau kita dari arah Kota Blitar. Kira-kira berjarak ±3 km dari Wisata Bendungan Selorejo ke arah Selatan.

Sebenarnya perkebunan pepaya ini baru saja dirintis pada tahun 2010 lalu di bawah pengelolaan PTP N IX (PERSERO) dengan nama “Kebun Bantaran”. Perkebunannya tepat berada di tepi jalan raya, sehingga mudah untuk dijangkau. Pohon pepaya yang ditanam dalam perkebunan seluas 2,5 hektar ini merupakan jenis pepaya karisya dan arum bogor. Tinggi pohonnya antara 2-3 meter, buahnya agak kecil dibanding buah pepaya biasa dan kulitnya halus, sedangkan daging buahnya berwarna orange agak muda. Untuk rasanya jangan disamakan dengan buah pepaya biasa, karena pepaya jenis ini jauh lebih manis dan segar. Kalau ingin memetik buah pepaya jenis karisya, lokasinya agak masuk ke dalam, sedangkan yang bagian tepi jalan kebanyakan pepaya jenis arum bogor.

Setelah selesai memetik buah pepaya, kemudian ditimbang terlebih dahulu di pos penjagaan sebelum di bawa pulang. Untuk harga perkilonya dibandrol sekitar 3ribu rupiah. Ketika Saya bersama tim wisatakuliner.com singgah ke perkebunan, kebetulan kami bertemu dengan Bapak Supriadi sebagai penanggung jawab dalam pengembangan perkebunan ini. Menurut informasi yang sempat kami terima dari Beliau, dalam waktu dekat ini juga akan dibuka perkebunan belimbing yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Wisata Bendungan Karangkates. Kita bisa singgah ke Perkebunan Bantaran ini setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam setengah 4 sore.

Produk

Pepaya Karisya & Arum Bogor

Photo Gallery