Ote-ote Porong

ote-ote porong

Lebaran kali ini Saya pulang ke Surabaya, sama seperti teman-teman lainnya yang juga mudik ke kampung halaman masing-masing. Perjalanan Denpasar–Surabaya merupakan rute yang sudah sangat Saya hapal karena terlalu seringnya dilewati. Sebelum memasuki kota Surabaya pastilah melewati kota Porong terlebih dahulu, disini ada kue khas yang sangat saya gemari. Ote-ote atau biasa disebut “Heci” oleh orang Malang merupakan kue atau jajanan khas bagi warga Porong Jawa Timur.

Penjual ote-ote yang selalu saya kunjungi adalah toko Ote-ote Porong yang berada di seberang pasar Porong. Toko pusat penjual ote-ote ini mudah ditemukan di jalan Raya Muka Pasar Porong, selain disini ote-ote Porong juga membuka cabang di jalan Raya Surabaya Malang dan di jalan Mayjen Sungkono Surabaya. Karena rute saya melewati yang di toko pusat jadi saya selalu membeli ote-ote disini.

Oleh-oleh khas Porong yang satu ini berbentuk bulat gepeng dan dimasak dengan cara digoreng. Ote-ote ini terbuat dari campuran adonan antara daging cincang dan tiram, untuk dagingnya sendiri ada dua pilihan yaitu daging ayam dan daging babi. Rasa ote-ote cukup enak menurut Saya, perpaduan antara rasa gurih daging dan tiram yang sedikit pahit, digoreng sampai kulit luarnya kering. Dijamin tidak ada rasa yang bisa menyamai rasa khas yang dihasilkan oleh ote-ote.

Selain menjual ote-ote, disini juga tersedia aneka macam jajanan seperti Siomay, Bakcang, Bakpao, Bakwan goreng, Getas hingga Hiwan dan Kekian. Biasa pengunjung membeli ote-ote untuk dibawa sebagai oleh-oleh bagi keluarga ataupun teman, tapi banyak juga yang membeli untuk dimakan sendiri.

Produk

Ote-ote

Photo Gallery