Lunpia Gang Lombok

Lunpia atau yang lebih dikenal dengan lumpia, merupakan salah satu makanan khas Semarang yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Semarang maupun yang berasal dari luar kota. Lunpia ini cukup cocok dinikmati saat bersantai sambil minum teh. Salah satu lunpia tertua yang cukup dikenal dan menjadi favorite yaitu “Lunpia Gang Lombok” yang berada di Gang Lombok No. 11, dekat Klenteng Gang Lombok (Tay Kak Sie), kelenteng terbesar di Semarang (Daerah Pecinan).

Ada dua macam Lunpia yang tersedia, lunpia basah dan lunpia goreng yang disajikan dengan selada dan saus khas Semarang yang kental dengan daun bawang yang masih segar. Namun lunpia gorengnya yang cukup digemari dengan kerenyahan kulitnya saat dimakan. Lunpia Gang Lombok ini dikenal dengan ukurannya yang lebih besar serta isiannya yang lebih padat jika dibandingkan dengan lunpia pada umumnya. Biasanya yang menjadi isian lunpia ini, ada campuran rebung, ebi/ udang, pihi dan juga orak-arik telur. Untuk harganya sendiri juga di atas rata-rata harga lunpia di Semarang, dibandrol dengan harga sekitar Rp 10.000 untuk setiap porsinya.

Biasanya warung lunpia ini sudah mulai melayani pembelinya dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore setiap harinya. Tak jarang pula, lunpia ini sudah menutup warungnya sejak pukul 2 siang kalau lunpianya sudah habis terjual. Selain untuk makan di tempat, kita juga bisa membeli sebagai oleh-oleh yang biasanya diwadahi dengan besek (wadah yang terbuat dari anyaman bambu). Satu besek ini bisa berisi sampai 10 buah lunpia.

Juli 2011
Sumber foto : berbagai sumber

Produk

Lumpia Basah & Goreng

Photo Gallery