Ledre Pisang Bu Arifin

Ledre Pisang Bu Arifin

Mencari kuliner di Kota Bojonegoro bisa terbilang cukup sulit, dari beberapa penelusuran yang telah dilakukan, kami masih belum bisa menemukan kuliner dari kota ini. Kami justru lebih mudah untuk menemukan informasi beberapa jenis jajanan dan juga oleh-oleh di daerah ini. Seperti yang sudah kita ketahui, kota Bojonegoro sangat identik dengan kota ledre. Ada cukup banyak pengrajin ledre yang bisa kita jumpai. Hampir di setiap sudut kota Bojonegoro dihiasi oleh toko oleh-oleh yang menjual pisang ledre dengan merek serupa, terutama di kawasan Padangan.

Para pengrajin pisang ledre biasanya dibawah binaan suatu lembaga, baik itu langsung dari pemerintah setempat maupun dari perusahaan tertentu. Sedangkan hasil produksinya, ada yang disetor ke sebuah pengepul untuk kemudian dikemas dengan sebuah merek, tapi ada juga yang dipasarkan sendiri dengan tetap di bawah pengawasan lembaga pendukungnya.

Salah satu pengrajin ledre pisang yang kami singgahi yaitu ledre pisang Ibu Arifin yang berlokasi di Jalan Kartini No. 40, dekat dengan perempatan Padangan, Bojonegoro. Ibu Arifin ini memulai usahanya mulai dari tahun 1985, sebelumnya Ibu Arifin bekerja dengan orang lain sebagai pembuat ledre juga. Karena orangnya sudah meninggal dunia, akhirnya Ibu Arifin memulai untuk berusaha sendiri di bawah mitra binaan Pertamina.

Ledre hasil produksi dari Ibu Arifin ini dijual sendiri di dalam kiosnya yang cukup kecil dan sederhana. Namun hal itu tidak membuat Ibu Arifin kehilangan pembeli, karena ledrenya memang dikenal enak. bentuknya tipis dalam gulungan dengan rasa manis, gurih, crispy dan rasa pisangnya tidak terlalu kuat, namun ada rasa telur yang membuatnya terasa berbeda. Terkadang ledre pisang Ibu Arifin ini juga disebut sebagai egg roll. Selain ledre pisang, di kios Bu Arifin juga tersedia egg roll waluh, durian, kacang dan wijen.

Soal lokasi boleh dibilang sederhana, tapi dalam pengemasan produk-produknya cukup cantik dan menarik. Warnanya terlihat hidup dan sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun sahabat dekat. Ada 3 kemasan berbeda yang bisa kita pilih, ada yang kecil dibandrol dengan harga 14ribu rupiah, ukuran sedang 25ribu rupiah dan yang paling besar 45ribu rupiah dengan ukuran ledre yang lebih panjang. Kita bisa singgah ke kios Ibu Arifin untuk membeli ledre pisang maupun egg rollnya mulai dari jam 6 pagi sampai jam 9 malam setiap hari. Tapi kalau kita juga ingin melihat proses pembuatannya, kita bisa datang pada pagi atau siang hari.

Produk

Ledre Pisang

Photo Gallery