Ledre Pisang Bangka, Malang

Ledre Pisang Bangka, Malang

Camilan yang satu ini sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas kota Malang yang cukup digemari. Saya mendapatkan info mengenai Ledre Pisang Bangka dari seorang teman yang tinggal di kota Malang, “enak banget , cobain aja” kata teman saya berpromosi. Setelah menerima alamat lengkap lokasinya melalui pesang singkat, saya langsung menuju ke sana. Ledre pisang ini memakai cap Bangka bukan berarti berasal dari pulau Bangka, namun karena berasal dari jalan Bangka, sebuah jalan kecil di area perumahan.

Menuju ke lokasi saya sempat bertanya beberapa kali kepada penduduk sekitar sana karena saya tidak tahu persisnya jalan Bangka berada. Akhirnya saya temukan juga tempatnya, pantesan saja saya aga kesulitan mencari lokasinya karena tidak berada di pinggir jalan utama, tapi harus sedikit masuk ke dalam. Tiba di tempat saya sempat kecewa, lhoo kok tutup tempatnya? Yah sia-sia deh pencariannya pikir saya. Eits, tunggu dulu, ada sebuah papan merah yang yang digantung di depan pintu bertuliskan “Ledre Pisang Bangka ada di rumah no 24”. Yuk mari kita jalan lagi ke depan.

Rumah no 24 ini merupakan sebuah toko kecil yang menyediakan beberapa barang kebutuhan, jika si pemilik Ledre Pisang Bangka sedang keluar kota biasanya ledre pisang ini dititipkan disini. Mungkin supaya pelanggan yang jauh-jauh datang dari luar kota tidak kecewa jika menemukan Ledre Pisang Bangka tutup. Sekotak ledre pisang saya beli, di dalamnya berisi 5 kotak kecil yang masing-masing berisi 10 lembar ledre pisang.

Ledre pisang ini dilipat sehingga berbentuk kotak dan cukup tipis. Sangat renyah dan kering sekali, kerasa kres-kresnya saat digigit. Jika dimakan terasa kering crispy dan juga terasa manis dan aroma pisangnya. Sekali makan dijamin susah berhenti. Saya lebih suka menikmati ledre pisang yang sebelum dimakan disimpan dahulu di dalam lemari es, berasa dingin dan lebih renyah, selain itu lebih awet dan tidak mudah melempem.

(Sika, September 2011)
Sumber foto    : koleksi www.wisatakuliner.com

Produk

Ledre Pisang Bangka

Photo Gallery