Kuweh Dollar Tjap Masin

Kue Dollar

Binggung mau bawa oleh-oleh apa dari kota Surabaya? Ga usah pusing-pusing lagi, langsung saja menuju ke Pasar Atum Main Hall tahap 1 di lantai dasar. Disini terdapat aneka jajananan khas Surabaya, salah satunya Kuweh Dollar Tjap Masin. Kue dollar, terdengar aneh ya namanya? Kue yang satu ini sudah menjadi langganan wajib dibeli saat saya mampir ke Pasar Atum. Kalo penasaran langsung aja meluncur ke Pasar Atum untuk mencoba seperti apa sih kue dollar ini.

Dinamakan kue dollar mungkin karena bentuk kue ini yang bundar (walaupun tidak rata) dan pipih seperti uang logam. Terbuat dari adonan telur, tepung terigu, dan air yang kemudian dicetak dengan mesin khusus yang terbuat dari besi dan alumunium. Cara membuatnya pun cukup mudah, adonan cair dituangkan ke dalam cetakan, setelah panas dan kering barulah diangkat dari mesin untuk didinginkan dan kemudian dikemas dalam kemasan plastik.

Untuk pilihan rasa ada coklat, coklat wijen, vanilla dan vanilla wijen. Kalau saya suka dengan rasa yang mengandung wijen, karena lebih terasa gurih saat dimakan. Bentuknya yang bundar dan pipih terasa kres-kres keringnya saat dimakan. Rasanya manis dan enak, selain itu juga tidak membuat eneq sehingga sangat cocok buat camilan sambil minum teh atau kopi. Selain kue dollar, tempat ini juga menjual aneka jajanan kue-kue kering yang lainnya

Produk

Kuweh Dollar