Kue Bikang Peneleh

Kue Bikang Peneleh

Di dalam dunia kuliner, tak hanya berbagai makanan jenis berat yang bisa kita nikmati. Tetapi jenis makanan kecil berupa jajanan kue tradisional pun juga memiliki tempat tersendiri di dalam dunia kuliner. Salah satunya yaitu kue bikang yang terkenal di Peneleh, Surabaya. Bisa dibilang, kue bikang ini merupakan kue bikang terlama dan masih menjadi favorite bagi sebagian besar warga Surabaya maupun mereka yang berasal dari luar kota.

Kalau dilihat dari luar, secara keseluruhan kue bikang ini tidak ada bedanya dengan kue bikang pada umumnya. Tapi setelah menikmatinya, maka akan terasa perbedaanya, aroma gurih dan legitnya begitu terasa. Dan ketika disantap, bagian atas kue bikang  masih tetap empuk dan lembut meski sudah dalam keadaan dingin. Sedangkan bagian bawahnya yang garing, meninggalkan perpaduan rasa gurih dan manis yang semakin terasa.

Selain kue bikang, kita juga akan menjumpai beberapa jenis kue tradisional lainnya yang tertata rapi di dalam etalase Toko Kue Bikang Peneleh, Surabaya. Ada kue lumpur, pastel tutup, selong, nagasari, kue lapis, onde-onde dan beberapa kue tradisional lainnya. Selain kita bisa menikmati berbagai macam kue tradisional di toko ini, kita juga bisa melihat secara langsung proses pembuatannya, karena tempat pembuatan kue-kue tersebut tepat ada di bagian depan toko. Akan menjadi godaan tersendiri ketika kita melintas di depan toko saat berlangsungnya proses pembuatan kue yang biasanya dilakukan pada pagi hari.

Untuk menemukan lokasi toko ini tidak terlalu sulit, kalau dari arah Tugu Pahlawan, kita tinggal mengarahkan kendaraan ke jalan Pasar Besar. Setelah melewati sebuah jembatan, pada perempatan pertama belok ke kiri, dan ketika sudah berada di jalan Peneleh, tokonya ada di sebelah kanan jalan. Dan sekarang ini kue bikang paneleh juga bisa didapatkan di beberapa cabangnya, mulai dari RM Bu Rudi, Pasar Atom Surabaya (Stand Promosi THP III), Proyek Senin (Block CKS) Jakarta hingga jalan Belimbing Denpasar, Bali. Biasanya toko kue bikang ini sudah melayani para pembelinya sejak jam 6 pagi sampai jam 8 malam setiap hari.

Produk

Kue Bikang

Photo Gallery