Klepon Bulang Bu Nunuk

Klepon Bu Nunuk

Siapa yang tak kenal klepon? Salah satu kue tradisional yang sering dijajakan di dalam pasar tradisional di Pulau Jawa. Bentuknya ada yang bulat  dan ada yang sedikit lonjong dan berwarna hijau, biasanya diberi isian gula merah di dalamnya, kalau dimakan akan memberi kejutan legit yang meleleh dari dalam. Selain keberadaan klepon sebagai kue tradisional, ternyata klepon juga merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Kalau berkunjung ke Sidoarjo, jangan lupa untuk singgah ke Desa Bulang, Prambon. Karena klepon yang berasal dari desa inilah yang sering dicari para konsumen klepon, terutama yang berada di Sidoarjo maupun kota sekitarnya.

Ada beberapa penjual klepon yang bisa kita jumpai di Desa ini, tapi untuk Klepon Bulang Bu Nunuk merupakan penjual pertama yang ada di Desa Bulang. Berdasarkan kunjungan tim wisatakuliner.com pada siang itu, ternyata klepon yang kini dikelola oleh Bu Nunuk bersama suaminya Bpk. Suwandi ini sudah berdiri sekitar tahun 1959-an. Bu Nunuk merupakan penerus generasi yang ke-3, menurut Beliau, sejak dirintisnya usaha ini hingga sekarang, Beliau masih tetap menjalankan proses produksinya secara tradisional. Di bagian belakang (tempat produksi) terlihat beberapa pegawai yang merupakan tetangga dan keluarga Beliau sedang membuat klepon. Ada yang sedang mengolah bahan dasarnya, ada juga yang sedang mencetak klepon dari adonan dengan cara tradisional (memakai tangan). Di dalam dapurnya yang terlihat sudah cukup tua, terlihat pula satu ember air daun suji serta dua buah panci air yang taruh di atas kompor minyak yan berfungsi sebagai tempat perebusan klepon setelah dicetak.

Selain proses pengolahan serta peralatannya yang masih sangat sederhana, bahan-bahan yang digunakan juga menggunakan bahan alami. Mulai dari pewarnanya yang berasal dari air daun suji, pemanisnya yang terdiri dari gula merah dan tanpa bahan pengawet. Oleh karena itu, klepon ini hanya bertahan selama satu hari saja. Sedangkan untuk pembuatannya hanya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, namun berkala. Sehingga bisa dipastikan klepon selalu dalam keadaan baru ketika sampai kepada konsumen. Meskipun hanya kue tradisional, namun klepon asal Desa Bulang ini sudah cukup dikenal dan diakui keberadaannya. Terbukti dari Citra Kartini Award yang diraihnya pada tahun 2003 dan keikutsertaannya pada beberapa bazaar yang diselenggarakan di daerah Sidoarjo (kompetisi klepon rekor MURI 1000 peserta, peserta bazaar rose brand).

Untuk menemukan lokasi Klepon Bulang Bu Nunuk tidak terlalu sulit, kalau sudah berada di Jalan Klantingsari, Bangun, Sidoarjo, kita akan menemukan PT. Pabrik Kertas Surabaya – Pakerin. Sekitar 2 meter dari pabrik tersebut atau sebelum kanal Porong, ada belokan ke kanan menuju jalan Raya Prambon, arahkan kendaraan ke jalan tersebut dan ikuti saja sekitar 5 km. Tepat di kiri jalan Raya Bulang No. 5, tokonya berada. Biasanya mereka mulai melayani para pengunjungnya mulai dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam setiap hari. Selain menjual klepon, kita juga bisa membeli lupis, klanting, jongkong dan gempo.

Produk

Klepon

Photo Gallery