Kerupuk Klenteng Abang Ijo

kerupuk klenteng

Memasuki kota Bojonegoro, Saya bersama tim wisatakuliner.com berencana untuk mencari menu garang asam. Dari informasi salah satu kawan, di kota ini ada satu rumah makan yang garang asamnya terkenal enak. Karena melewati jalur ini, ya sekalian saja kami mencarinya untuk membuktikan informasi tersebut. Setelah mencari-cari dan bertanya kebeberapa penduduk sekitar, mereka malah merekomendasikan garang asam yang ada di Kota Tuban. Tapi dari beberapa perbincangan kami dengan penduduk kota Bojonegoro, katanya ada produsen kerupuk kuno yang terkenal dan masih tetap aktif hingga sekarang ini. Setelah mendapat informasi dan beberapa petunjuk lokasinya,  kami pun langsung mulai mencari lokasinya.

Bisa dikatakan kami tidak terlalu menguasai tentang jalan di daerah Bojonegoro ini, sudah cukup lama kami berputar mengelilingi jalan sesuai dengan petunjuk yang kami terima. Tapi lokasi yang kami cari tak kunjung kami temukan, hingga akhirnya pandangan kami tertuju kepada sebuah rumah tua dengan halaman yang sangat luas untuk ukuran di masa sekarang ini. Dari seberang terlihat beberapa orang yang keluar dari sisi samping rumah tersebut dengan membawa kerupuk dalam plastik yang berukuran besar. Ada rasa bahagia yang terasa, sepertinya kami sudah menemukan lokasi yang dari tadi kami cari.

Kendaraan diarahkan masuk ke dalam halaman yang luas itu, disana ada dua orang yang sedang memasukkan kerupuk ke dalam mobilnya. Saya bersama tim yang lain langsung saja pergi ke belakang melalui jalan samping rumah. Ternyata dari depan sudah terlihat beberapa orang yang sedang mengantri dan ada juga yang pergi membawa kerupuk dalam plastik berukuran besar. Lebih masuk ke dalam lagi, beberapa ibu-ibu terlihat sedang sibuk memasukkan kerupuk ke dalam plastik ukuran besar. Di atas sebuah meja juga terlihat masih banyak kerupuk yang berwarna-warni, ada yang berwarna merah, hijau, putih dan juga kuning. Sedangkan di samping meja, sudah berdiri kerupuk yang sudah dimasukkan ke dalam plastik-plastik yang berukuran besar.

Pabrik ini merupakan produsen kerupuk yang sudah berdiri berpuluh-puluh tahun silam, bisa dibilang marupakan pabrik tertua di Bojonegoro. Di bagian depan memang tidak ada papan nama yang menunjukkan bahwa tempat ini adalah sebuah pabrik kerupuk, tapi hampir semua orang Bojonegoro mengenal kerupuk ini dengan baik. Biasanya kerupuk ini dikenal dengan nama kerupuk abang ijo atau kerupuk klenteng, karena dari pemilik sendiri pada awalnya tidak memberi nama produknya secara pasti. Tapi warnanya yang berwarna-warni dan lokasinya yang tidak jauh dari klenteng, membuat kerupuk ini dikenal dengan nama tersebut.

Sama seperti kerupuk pada umumnya, bahan dasarnya menggunakan tepung tapioka, tepung terigu, pewarna makanan dan bahan racikan warisan keluarga. Cara pembuatan dan penggorengan kerupuknya masih dilakukan dengan cara tradisional. Namun berbeda dengan kerupuk lainnya, cara penjualan kerupuk ini dalam skala kilogram, baik untuk yang sudah digoreng maupun yang masih mentah. Untuk yang sudah digoreng dibandrol dengan harga Rp. 17.500/ kg, sedangkan untuk yang masih mentah dibandrol dengan harga Rp. 10.000/ kg. Tapi kebanyakan para pembelinya lebih memilih untuk membeli yang sudah matang, baik untuk dijual kembali maupun sebagai oleh-oleh dari Bojonegoro.

Dilihat dari segi harga, yang mentah memang jauh lebih murah, tapi kalau digoreng sendiri hasilnya tidak bisa sama seperti yang sudah digoreng ditempat, baik dari segi bentuk maupun rasanya. Karena banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari api, suhu minyak, cara menggorengnya yang menggunakan 2 kali penggorengan dan masih banyak faktor lagi yang mempengaruhi hasilnya, itu informasi yang Saya terima dari Om Suyanto sebagai pemiliknya sekarang. Meskipun cara menggorengnya menggunakan minyak, tapi kerupuknya tidak berminyak sama sekali, strukturnya padat dengan rasa yang khas dan renyah. Saya bisa memastikan kalau rasa ini sangat sulit untuk kita temukan di tempat lain. Usaha yang dikelola oleh Om Suyanto (Nyoo Sing Thong) bersama istrinya ini mulai melayani pembeli dari jam setengah 8 pagi sampai jam 4 sore setiap hari.

Produk

Kerupuk

Photo Gallery