Keripik Tempe Happy

Keripik Tempe Happy

Semua orang pasti suka dengan camilan yang satu ini, renyah, enak dan bergizi karena terbuat dari kedelai. Di daerah Ngawi terdapat banyak sentra industri rumah tangga yang memproduksi keripik tempe ini, selain enak untuk camilan juga cocok dijadikan oleh-oleh. Awal cerita menemukan keripik tempe happy ini dimulai dari kebingungan saya karena di sepanjang jalan Cepu ini banyak sekali yang menjual keripik tempe dengan aneka merk. Binggung mana yang recommended untuk dibeli, akhirnya saya bertanya pada sebuah warung minum, disebutlah nama merk Happy.

Tiba di lokasi terlihat plang yang menuliskan Keripik tempe Happy di pinggir jalan, namun yang terlihat hanya sebuah rumah kayu sederhana dengan tumpukan besek di halam depannya. Sebuah rumah sederhana, dimana bagian depan rumah terdapat meja etalase kaca yang menjual keripik tempe dan aneka jajanan lainnya. Sedangkan proses produksi keripik tempenya berada di bagian samping rumah.

Masuk ke dalam rumah, saya bertemu dengan Karinah si pemilik merk, langsung saya menanyakan keripik tempe buatannya. Ibu Karinah malah menyataakan bahwa keripik tempe buatannya sudah habis, waduh… Mungkin karena melihat tampang saya yang memelas akhirnya si ibu menanyakan berapa besek keripik tempe yang ingin saya beli. Asik, berhasil juga usaha saya memasang wajah sedih, padahal keripik tempe yang dijual kepada saya sebetulnya adalah pesanan orang. Satu besek keripik tempe sudah ditangan, di dalam satu besek ini terdiri dari 10 plastik keripik tempe.

Ibu Karinah mengolah semua bahan dari awal, dimulai dari membuat tempe dari kedelai, memotong-motong tempe dan mengorengnya menjadi keripik tempe. Untuk memotong tempenya pun menggunakan alat khusus yang berbentuk agak mirip dengan meja mesin jahit, sehingga tempe yang dipotong-potong bisa rapi dengan ukuran yang sama. Keripik tempe buatan bu Karinah berbentuk tipis dan digoreng kering, sehingga saat dimakan terasa renyah, gurih dan enak. Untuk harga keripik tempe di sini relatif sangat murah jika dibandingkan yang dijual di tempat lainnya, hanya Rp. 22.500/ besek atau Rp. 2.250/ plastik.

Produk

keripik tempe