Gepuk Ny. Yong

Gepuk Ny. Yong

Tempat serbaguna, mungkin kata itu yang cocok untuk rumah makan sekaligus tempat mencari oleh-oleh berupa gepuk. Meski Gepuk Ny. Yong ini juga menyediakan sekitar 50 jenis lauk-pauk dan juga makanan, namun yang paling menonjol gepuknya. Gepuk sendiri merupakan jenis makanan yang terbuat dari daging sapi dan hampir sama dengan empal, namun proses pembuatannya berbeda satu sama lainnya.

Untuk gepuk, daging sapi yang telah direbus setengah matang, kemudian dipukul-pukul sampai lebar dan ditusuk dengan lidi secara melintang. Agar serat daging tidak terpisah-pisah saat direbus kembali dengan santan dan bumbu rempah yang sudah dihaluskan. Sebelum disajikan dengan nasi dan lauk lainnya, gepuk terlebih dahulu digoreng. Gepuk ini bisa dibeli dalam keadaan matang (sudah digoreng) atau dibawa pulang dalam kondisi setengah matang (belum digoreng). Gepuk yang sudah digoreng mampu bertahan sampai 3 hari. Tapi kalau untuk oleh-oleh dengan masa simpannya yang lebih lama, sebaiknya memilih dalam keadaan setengah matang. Kalau gepuk yang sudah matang sebaiknya tidak digoreng lagi, karena gepuk bisa menjadi keras dan rasanya berubah.

Gepuk Ny. Yong tersedia dalam dua rasa, manis dan pedas. Sepotong gepuk dibandrol dengan harga Rp 9.000/ potong. Selain itu, gepuk juga dikemas dengan 2 pilihan, ada yang berisi 5 potong dan juga 10 potong yang dikemas menggunakan keras karton. Di tempat ini juga menjual remukan gepuk, berupa serat-serat yang rontok saat proses penggorengan. Hingga kini, Gepuk Ny. Yong sudah memiliki beberapa cabang, yang tersebar di beberapa wilayah Bandung. Semuanya menggunakan nama Ny. Yong I hingga Ny. Yong IV, ada di jalan Pasundan, Jalan Sawo, Jalan Setiabudi dan juga di Jalan Kebon Jukut/ Kartika Sari.

Produk

Gepuk