Bandeng Juwana

Bandeng Juwana

Kota Semarang sudah lama mendapat julukan sebagai kota lumpia, karena lumpianya memang sangat terkenal. Seiring dengan perkembangan jaman, selain lumpia juga ada cukup banyak oleh-oleh khas Semarang yang bisa dijadikan sebagai buah tangan sebelum meninggalkan kota ini. Toko Bandeng Juwana merupakan salah satu lokasi dimana kita bisa membeli aneka oleh-oleh khas Semarang. Sesuai dengan namanya, bandeng merupakan oleh-oleh yang paling banyak diburu oleh para pengunjungnya.

Biasanya olahan bandeng asap, presto atau otak-otak yang hanya bisa bertahan selama 2 hari atau ±5 hari kalau disimpan dalam lemari es yang sering kita jumpai. Namun tidak demikian di toko yang satu ini, ada cukup banyak variasi olahan bandeng yang tersedia, ada bandeng duri lunak, bandeng asap boneless, bandeng dalam sangkar, bandeng pepes duri lunak atau bandeng teriyaki. Kalau ingin membeli bandeng dengan jangka waktu yang cukup lama, kita bisa memilih bandeng vacuum yang bisa bertahan hingga ±3 bulan. Selain aneka jenis olahan bandeng, kita juga bisa membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah di toko ini, seperti wingko babat, lumpia semarang, kue moaci, brownies, enting-enting gepuk, yangko, krasikan, leder pisang dan masih banyak yang lainnya.

Ketika Saya bersama tim wisatakuliner.com tiba dilokasi, kebetulan diiringi oleh hujan rintik yang terkadang juga agak deras. Meskipun demikian, toko ini sudah dipenuhi oleh beberapa pengunjung yang sibuk kesana-kemari dengan membawa barang belanjaan. Sebenarnya toko ini cukup besar, tapi terlihat semakin sempit dan ramai dengan banyaknya aneka oleh-oleh khas Jawa Tengha, para pengunjung yang berlalu-lalang serta foto dan tulisan tangan berbingkai yang menghiasi sebagian besar dindingnya. Untuk area parkirnya tidak terlalu luas, ramainya pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dan para PKL yang berjualan di depan toko inimenjadi salah satu kendala untuk bisa mendapatkan tempat parkir.

Biasanya toko ini sudah mulai melayani para pengunjungnya sekitar jam 6 pagi sampai jam 10 malam setip hari. Sedangkan untuk akses untuk menuju lokasi cukup mudah, karena lokasinya berada di tempat yang cukup strategis. Tapi jalannya selalu ramai dan terkadang sedikit mengalami kemacetan, apalagi pada saat siang hari. Untuk lebih tepatnya, lokasinya berada di Jalan Pandanaran No. 57, kalau dari Simpang Lima Semarang langsung saja mengambil arah menuju jalan tersebut, tokonya berada di sebelah kiri jalan. Selain melayani pemesanan ditempat, mereka juga melayani pemesanan dalam maupun luar kota. Untuk cara pemesanannya bisa telepon langusung atau via internet (facebook, e-mail atau web site). Selain menjadi tempat untuk belanja oleh-oleh, kita juga bisa menikmati beberapa menu warung bandeng juwana yang berada di lantai 2, seperti bandeng tauco, sate bandeng, gudeg bandeng, tongseng bandeng, buntil bandeng daun papaya, dan masih banyak lagi menu lainnya yang tersedia.

Produk

Olahan Bandeng

Photo Gallery