Bandeng Asap Bu Nasor

Bandeng Asap

Selain kue lumpur, Sidoarjo juga cukup terkenal dengan bandeng asapnya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Ada cukup banyak penjual bandeng asap yang bisa kita jumpai, begitu juga setelah kita beranjak dari Toko Kue Lumpur Muda-Mudi. Kira-kira hanya beberapa meter saja ke arah kanan, kita sudah menjumpai beberapa penjual bandeng asap. Pada dasarnya, cita rasa semua bandeng asap yang ada di Sidoarjo sama saja antara pedagang satu dengan pedagang lainnya. Hanya saja, bandeng asap yang tim wisatakuliner.com singgahi merupakan penjual bandeng asap dengan harga yang cukup miring jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Bandeng asap yang kita singgahi kali ini berada di jalan RA. Kartini 133 B, Sidoarjo, lokasinya hanya ±30 meter dari Kue Lumpur Muda-Mudi. Tidak ada papan nama/spanduk yang terpajang disana, karena pemiliknya hanya menjualnya dengan menggantung bandeng-bandeng tersebut di sebuah etalase yang ditaruh tepat di depan rumahnya. Dan etalase tersebut hanya menyebutkan “sedia bandeng asap, presto, otak-otak dan sebuah tulisan Bu Nasor” di satu sisinya.

Disebut dengan bandeng asap karena bandeng ini dimasak dengan cara diasap atau dipanggang hanya dengan menggunakan asap yang keluar dari batok kelapa dan serabutnya sehingga bandeng tidak gosong seperti halnya jika dipanggang diatas batok kelapa. Bandeng asap yang dijual disini sebetulnya sudah dalam keadaan matang, jika ingin dinikmati bisa langsung dimakan dengan sambal petisnya atau dikukus sebentar saja untuk menghangatkan. Menurut saya untuk rasa bandeng asap lebih gurih jika dibandingkan dengan bandeng presto khas Semarang. Sedangkan otak-otak yang tersedia disini bentuknya sama sekali berbeda dengan otak-otak ikan yang dibungkus daun pisang, karena otak-otak yang dimaksud merupakan ikan bandeng yang dagingnya dikeluarkan dari kulitnya. Setelah diberi bumbu, kemudian dagingnya dimasukkan kembali dan dicapit dengan sebilah bambu. Selain itu, juga ada bandeng presto dan bandeng goreng telur.

Sedangkan untuk harganya cukup murah jika dibandingkan dengan beberapa penjual bandeng asap yang lain. Mulai dari 9ribu rupiah sampai dengan 25ribu rupiah untuk setiap jenis dan ukurannya bandengnya. Biasanya Bandeng Asap Bu Nasor ini mulai melayani pembelinya mulai dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam setiap harinya.

Produk

Bandeng Asap

Photo Gallery