Warung Soto Ayam Bu Jatmi

Warung Soto Ayam Bu Jatmi

Indonesia memang memiliki beberapa jenis soto yang khas, setiap daerah memiliki cita rasa serta tampilan yang khas dalam penyajian soto. Salah satu yang cukup tersohor yaitu soto Kudus, bahkan keberadaannya tidak hanya di wilayah Kudus saja. Di beberapa kota besar lain juga bisa dijumpai dengan cukup mudah, namun akan lebih nikmat lagi bila menyantap di kota asalnya. Warung Soto Bu Jatmi yang berada di Jl. KH. Wahid Hasyim 43, Kudus, bisa dijadikan tempat untuk menikmati soto khas Kudus. Warung ini juga merupakan salah satu warung yang dijadikan tujuan bagi mereka yang berasal dari luar kota maupun warga dari kota Kudus itu sendiri.

Warung soto ini sudah berdiri cukup lama, meskipun letaknya tidak berada di jalur utama, namun warung ini tetap dipadati pengunjung. Apalagi pada saat jam makan siang, liburan atau weekend bisa dipastikan kita harus sedikit jeli untuk mencari bangku yang kosong. Perlu diketahui, kalau di daerah Kudus ada sebuah larangan untuk menyembelih sapi, jadi kebanyakan hanya soto ayam dan soto kerbau yang bisa dijumpai dengan mudah. Sehingga tak perlu heran, kalau di warung Soto Bu Jatmi hanya menyediakan soto ayam dan soto kerbau. Dimana kedua soto ini menjadi kegemaran para pelanggannya, baik yang berasal dari kudus maupun dari luar kota.

Untuk seporsi soto disajikan dengan menggunakan mangkuk, sudah berisi nasi putih beserta potongan daging ayam dan kuahnya yang masih mengepulkan asap. Kesegaran soto semakin mantap dengan taburan bawang putih goreng yang cukup melimpah, sehingga rasanya lebih kuat dan gurih. Sedangkan untuk soto kerbaunya, disajikan menggunakan mangkuk yang lebih kecil. Karena letaknya ada di daerah Jawa Tengah, tak heran kalau rasa sotonya juga menyentuh rasa manis yang sesuai dengan lidah kebanyakan masyarakat Jawa Tengah. Kalau kurang suka dengan cita rasa manis, bisa ditambahkan perasan air jeruk nipis dan juga sambal.

Sebagai pelengkapnya, ada sate telur puyuh, sate hati ampela, tahu tempe goreng, perkedel, otak goreng tepung dan aneka keripik maupun kerupuk juga tersedia. Sedangkan untuk minumannya, es kopyor bisa dijadikan pilihan, karena es kopyornya juga terkenal enak dan menyegarkan. Untuk masalah harga tak perlu khawatir, karena tak semua makanan enak harus ditebus dengan harga yang mahal. Dengan kocek sekitar Rp. 6.000, kita sudah bisa menikmati semangkuk soto ayam kudus, sedangkan untuk soto kerbau dengan Rp. 8.000 untuk semangkuk. Biasanya warung ini mulai melayani para pelanggannya sejak pagi sekitar jam 6 sampai jam 9 malam setiap hari.

Menu Utama

Soto Ayam & Soto Kerbau (Rp. 6.000 – Rp. 8.000)

Photo Gallery